11 tim ikuti lomba MPA cepat tanggap Pertamina Sungai Pakning

id pertamina,sungai pakning,masyarakat peduli api,kecamatan,bukit batu,kabupaten,bengkalis

11 tim ikuti lomba MPA cepat tanggap Pertamina Sungai Pakning

Sebanyak 11 tim dari Kecamatan Siak Kecil, Bukit Batu dan Bandar Laksamana ikut serta dalam lomba Masyarakat Peduli Api (MPA) cepat tanggap yang digelar PT.Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit II Sungai Pakning. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Sebanyak 11 tim dari Kecamatan Siak Kecil, Bukit Batu dan Bandar Laksamana ikut serta dalam lomba Masyarakat Peduli Api (MPA) cepat tanggap yang digelar PT.Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit II Sungai Pakning di pendopo Danau Buatan Telaga Suri Perdana, Jumat (19/8).

Dalam lomba ini setiap regu MPA akan dinilai oleh panitia dengan mengikuti sejumlah sesi pertandingan dari kekompakan tim, kecepatan dalam menangani kejadian dan membawa peralatan pemadaman hingga ketangkasan dalam memadamkan api.

Dalam acara tersebut dihadiri Manager PT KPI RU II Sungai Pakning Antoni, Camat Bukit Batu Acil Esyno, Camat Siak Kecil Syahnan Ady Kusuma, Lurah Sungai Pakning dan Kades Batang Duku.

"Kami dari Pemerintah Kecamatan mengapresiasi dengan adanya kegiatan ini, dimana MPA merupakan salah satu ujung tombak di setiap desa yang turun langsung dalam menangani kebakaran, salah satunya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)," ujar Camat Bukit Batu Acil Esyno.

Dengan adanya kompetisi ini kata Acil dapat mengukur kemampuan dari MPA dalam mengatasi bahaya kebakaran dan yang lebih utama kekompakan tim di lapangan serta mengoperasikan peralatan agar tidak terjadi hal-hal yang akan membahayakan dari MPA sendiri.

"Resiko menjadi MPA ini tentu sangat besar ketika memadamkan api di lapangan dan kami berharap setiap MPA ini ada mendapatkan asuransi melalui BPJS," pinta Camat.

Sementara itu Manager PT KPI RU II Sungai Pakning Antoni mengatakan, di areal Pertamina setiap tim Pemadam Kebakaran harus memiliki keahlian terutama dalam pengendalian api.

Dengan adanya lomba ini MPA diharapkan dapat mengetahui bagaimana cara pemadaman api yang benar dilakukan secara tim di lapangan.

"Kami berharap kegiatan ini dapat berkelanjutan dan Pertamina sendiri akan tetap memberikan perhatian dan kepedulian dalam upaya penangan kebakaran lahan," kata Antoni.

Selain itu tujuan kompetisi ini dilaksanakan agar ada kekompakansesama MPA, dan setiap peserta tidak perlu tegang dalam mengikuti lomba ini.

"Tidak perlu tegang dan ini merupakan ajang untuk happy,nikmati dengan enjoy pelatihan ini," pinta Antoni.

Untuk Juara I di raih MPA Desa Temiang dengan skor 49,4, Juara 2,MPA Kelurahan Sungai Pakning dengan skor 48, dan Juara 3 MPADesa Sepahat dengan skor 46,8.