Potret diri seniman Belanda Van Gogh tersembunyi dari balik lukisan di Skotlandia

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Van Gogh

Potret diri seniman Belanda Van Gogh tersembunyi dari balik lukisan di Skotlandia

Lukisan potret diri Van Gogh terdeteksi di balik karton dan lem serta lukisan "Head of a Peasant Woman" di Edinburgh, Skotlandia, 21 Juni 2022 (via REUTERS/NEIL HANNA)

Jakarta (ANTARA) - Potret diri seniman Belanda Vincent van Gogh ditemukan tersembunyi di balik salah satu lukisannya.

Galeri Nasional Skotlandia mengatakan, Kamis, bahwa para konservator seni menemukannya saat pemeriksaan x-ray karya seni Van Gogh tahun 1885 "Head of a Peasant Woman" untuk pameran mendatang.

Dikutip dari Reuters, hasil x-ray menunjukkan gambar pria berjanggut mengenakan topi dengan syal longgar di leher. Tatapannya tajam, sisi kanan wajahnya ditutupi bayangan dan telinga kirinya terlihat jelas.

Gambar itu tersembunyi di balik karton dan lapisan lem.

"Ketika kami melihat x-ray untuk pertama kalinya, tentu saja kami sangat senang," kata konservator lukisan senior Lesley Stevenson dalam sebuah video yang dibagikan oleh Galeri Nasional Skotlandia.

"Penemuan besar seperti itu hanya terjadi sekali, dua kali dalam seumur hidup seorang konservator... Mendapatkan gambar, yang sulit ditemukan seperti saat ini, adalah sesuatu yang sangat, sangat istimewa."

Van Gogh dikenal sering memakai ulang kanvasnya, juga mengerjakan karya di baliknya.

Galeri Nasional Skotlandia mengatakan para ahlinya sedang mencari cara untuk menghilangkan lem dan karton yang menutupi potret diri tanpa merusak karya "Head of a Peasant Woman".

Baca juga: Hilang 14 Tahun, Lukisan Van Gogh DItemukan Di Rumah Mafia

Baca juga: Buku sketsa Van Gogh akan diterbitkan di Prancis