PU Riau Uji Tekstur Jalan Yos Sudarso

id pu riau, uji tekstur, jalan yos sudarso

PU Riau Uji Tekstur Jalan Yos Sudarso

Pekanbaru, 13/9 (antarariau.com) - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Riau, menguji tekstur tanah di badan Jalan Yos Sudarso, Kecamatan Rumbai Pesisir, yang bergelombang dan diprotes masyarakat sebab membahayakan keselamatan pengendara mobil maupun sepeda motor.

Kepala Dinas PU Pemprov Riau SF Haryanto di Pekanbaru, Jumat, mengatakan pengujian itu dilakukan agar hasil dari perbaikan nanti bertahan lama.

Menurut dia, jika penelitian tersebut sudah rampung maka dilakukan perbaikan jalan Yos Sudarso mengunakan konstruksi yang cocok

Petugas Dinas PU meneliti tekstur tanah tersebut selama beberapa hari di Jalan Yos Sudarso yang menghubungkan Kabupaten Siak dengan Kota Pekanbaru.

Tekstur tanah biasa juga disebut besar butir tanah, berhubungan erat dengan pergerakan air dan zat terlarut, udara, pergerakan panas, berat volume tanah, luas permukaan spesifik dan kemudahan tanah memadat.

Pengujian dan rencana perbaikan itu dilakukan setelah sejumlah mahasiswa pada Senin (2/9) menggalang aksi dukungan tanda tangan dan membentangkan kain putih dengan ukuran sepanjang 20 meter supaya aparat terkait lain untuk memperbaiki Jalan Yos Sudarso.

Jalan Yos Sudarso seakan dibiarkan bergelombang, sudah banyak pengendara sepeda motor yang celaka ketika melintasi kawasan tersebut terutama pada malam hari.

Kawasan tersebut gelap malam hari dan permukaan jalan tidak rata. Bila pengemudi tidak berhati-hati, berkemungkinan kecelakaan di tempat turunan dan licin.

Upaya perbaikan jalan yang menghubungkan Kabupaten Siak dengan Kota Pekanbaru itu pernah dikerjakan menjelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XVIII/2012, tapi kondisinya saat ini memprihatinkan.

Bahkan ruas utama bagi pengendara bila hendak ke Kota Dumai atau ke Medan, Sumut, atau sebaliknya itu sangat berbahaya karena permukaannya tidak rata.