Sinergi dengan masyarakat penting menanggulangi kebakaran

id pemkab,bengkalis,damkar,sosialisasi,bupati,kasmarni

Sinergi dengan masyarakat penting menanggulangi kebakaran

Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri membuka Sosialisasi Pencegahan dan Penyuluhan Kebakaran di Desa Tanjung Belit Kecamatan Siak Kecil, Kamis (16/06). (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Bupati Bengkalis Kasmarnidiwakili Staf Ahli Bupati Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Johansyah Syafri mengajak masyarakat untuk senantiasa waspada dengan kebakaran, serta mempersiapkan sejak dini berbagai upaya pencegahan agar tidak terjadi kejadian tersebut di wilayah yang ada di Kabupaten Bengkalis.

"Walaupun saat ini diseluruh Kecamatan, termasuk Kecamatan Siak Kecil sendiri, kita telah memiliki Unit Pelayanan Teknis (UPT) Pemadam Kebakaran, yang senantiasa bertugas 24 jam guna memberikan pelayanan umum kepada masyarakat dalam bidang penanggulangan kebakaran dan melakukan penyelamatan terhadap korban kebakaran maupun bencana lainnya. Namun partisipasi serta sinergi dari masyarakat tentunya sangatlah penting," ujar Johan ketika membuka Sosialisasi Pencegahan dan Penyuluhan Kebakaran di Desa Tanjung Belit Kecamatan Siak Kecil, Kamis.

Mantan Kadis Kominfo ini mengungkapkan penanggulangan kebakaran, meliputi pengurangan resiko kebakaran di setiap tahapan manajemen kebakaran, baik pada pra kebakaran, waktu kejadian kebakaran, pasca kebakaran, yang senantiasa mengedepankan tindakan preventif, tidak akan mampu dilakukan secara parsial oleh petugas kebakaran, akan tetapi butuh sinergi, kolaborasi serta akselerasi dari semua pihak, baik itu Polri, TNI serta seluruh elemen masyarakat.

"Pada momentum sosialisasi ini, kami berharap, peserta dapat membekali diri dengan pengetahuan terkait pencegahan dan pemadaman kebakaran, serta penyelamatan jiwa atau evakuasi serta meningkatkan kewaspadaan masyarakat. Mengingat, pengetahuan yang kita miliki akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, desa dan daerah kita, agar tidak berdampak pada kerugian yang lebih besar", tegas Staf Ahli Bupati tersebut.

Menurutnya, semakin banyak masyarakat yang tahu dan mengerti tentang langkah serta strategi tata cara pemadaman api maupun langkah penanggulangan kebakaran, kami optimis, kita dapat bersama-sama memperkecil terjadinya bahaya kebakaran di desa dan daerah, walaupun saat ini sulit untuk kita meniadakan-nya sama sekali.

"Kami juga berharap, melalui sosialisasi ini, dapat menyadarkan kita semua, bahwa masyarakat sangat berperan penting dalam upaya pencegahan dan bahaya kebakaran, karena kebakaran dapat merugikan kita. Oleh karenanya, mari kita buka cakrawala berfikir serta komitmen kita semua untuk tetap setia membantu masyarakat maupun pemerintah dalam pencegahan terjadi kebakaran," pungkas Johansyah.