Kloter terakhir, CJH Siak diberangkatkan 23 Juni ke Tanah Suci

id Haji, Siak, tanah suci, berangkat

Kloter terakhir, CJH Siak diberangkatkan 23 Juni ke Tanah Suci

Wabup Siak, Husni Merza. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Sebanyak 107 calon jamaah haji dari 12 kecamatan di Kabupaten Siak Provinsi Riau akan diberangkatkan ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi pada 23 Juni 2022 sebagai kloter terakhir Provinsi Riau dari Bandara Embarkasi Haji Batam, Kepulauan Riau.

Wakil Bupati Siak, Husni Merza usai rapat persiapan haji di Siak, Selasa mengatakan JCH yang tidak ada berasal dari Kecamatan Mempura dan Pusako. Paling banyak dari Kecamatan Kerinci Kanan yang semuanya diberangkatkan 23 Juni dari Kabupaten ke Pekanbaru dulu yang sudah jadi embarkasi antara.

"Lalu menuju Batam untuk transit saja langsung ke Jeddah dengan sudah memakai ihram di kloter terakhir. Dari Siak ada pelepasan simbolis juga dulu untuk JCI dari Sungai Apit, Bungaraya, Sabak Auh, Dayun, dan Siak berangkat dari Asrama Haji Siak, " kata Husni.

Selanjutnya berkumpul di Asrama Haji Pekanbaru juga termasuk semuanya dari kecamatan lain. Termasuk dari Kerinci kanan, Kotogasib, Lubuk Dalam juga dari Minas, Kandis, Tualang yang berangkat dari jalan lintas di Minas.

Jumlah JCH saat ini bertambah empat orang dari yang sebelumnya 103 orang. Empat tambahan ini merupakan daftar tunggu yang berhasil masuk data yang akan berangkat yang mana berasal dari Kecamatan Kandis.

Sementara itu, dari sisi kesehatan, Kepala Dinas Kesehatan Siak, Toni Chandra mengatakan pihaknya sudah melakukan pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi. Pihaknya juga sudah menyiapkan tim kesehatan untuk mendampingi jamaah calon haji ke Embarkasi Haji Antara Pekanbaru.

"Ada dokter, perawat dan ambulans umlahnya lima orang. Untuk ke Mekkah dari Siak ada satu paramedis atau perawat dari Pusat Kesehatan Masyarakat Siak. Selain itu tidak ada karena tim kesehatan haji daerah tahun ini tidak ada, " ungkapnya.

Kepala Kementerian Agama Kabupaten Siak, Erizon Effendi mengatakan untuk tahun ini berkurang dari kuota biasanya dalam setahun yakni sebanyak 227 orang. Itu kuota tahun 2020 yang baru akan diberangkatkan tahun 2022.