Ratusan rumah di Pekanbaru terendam banjir

id Banjir, ratusan, rumah, Pekanbaru, terendam

Ratusan rumah di Pekanbaru terendam banjir

Salah satu banjir yang terjadi di Kota Pekanbaru. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - Tingginya curah hujan belakangan ini di Pekanbaru seperti sebelumnya sudah diperingatkan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)berakibat pada terendamnya ratusan rumah warga di Ibu Kota Provinsi Riau ini.

"Bahkan, ada warga yang terpaksa mengungsi akibat banjir yang tak kunjung surut," kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Bambang Rifai di Pekanbaru, Sabtu.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pekanbaru mencatat banjir merendam perumahan Merpati Indah Jalan Merpati Kecamatan Tenayan Raya."Di lokasi ini ada lima kepala keluarga (KK) yang terdampak," katanya.

Kemudian Perumahan Mande Villa Jalan Cengkeh, Kecamatan Bukit Raya. Di perumahan yang menjadi langganan banjir ini ada 100 rumah dan 90 KK yang terdampak banjir.

Di perumahan Fauzan Jalan Kesadaran Kecamatan Bukit Raya, 60 KK dan 107 rumah terdampak banjir beberapa hari ini, di Jalan Dwikora, Jalan Hangtuah Ujung Kecamatan Sail juga alami hal serupa.

" Setidaknya ada 74 KK dan 74 rumah yang terdampak banjir," rincinya.



Kemudian, banjir juga merendam pemukiman warga di Jalan Bambu Kuning Kecamatan Tenayan Raya, dan BPBD belum mengetahui berapa warga yang terdampak.

Di lokasi lain, seperti Jalan Kampung Baru Kelurahan Rejosari Kecamatan Tenayan Raya, ada 10 rumah yang terendam banjir.

Banjir yang terparah terjadi di Perumahan Athaya Jalan Sakuntala Kecamatan Bukit Raya, ketinggian air di lokasi ini mencapai 100 centimeter hingga hampir satu setengah meter. Di lokasi lain, banjir rata-rata dengan kedalaman 40 centimeter hingga 80 centimeter. "Beberapa warga mengungsi dan kami sudah dirikan tenda," katanya.

Warga saat ini untuk sementara terpaksa mengungsi jelang banjir surut dan bantuan beras juga sudah disalurkan untuk warga terdampak banjir.

"Hari ini beras sudah masuk di tempat pengungsian," kata Bambang.

Ia memperkirakan, banjir mulai berangsur surut hari ini, namun jika nanti malam masih hujan banjir di beberapa titik itu masih akan terjadi.

"Kalau hari ini tidak ada hujan InsyaAllah air akan semakin surut, karena berdasarkan monitoring pagi ini air sudah mulai surut," tukasnya.