Legislator Riau dorong komitmen pencegahan karhutla

id DPRD Riau, pencegahan Karhutla,karhutla, karhutla riau

Legislator Riau dorong komitmen pencegahan karhutla

Polda Riau tangani 20 kasus Karhutla sebagai bukti tidak ada toleransi bagi pelaku kejahatan kehutanan. (Foto:Antara/HO-Humas BPBD Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau Parisman Ihwan mendorong komitmen dan kerja keras semua lini dalam upaya pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah setempat.

"Musim kering dan suhu udara yang meningkat ini harus diwaspadai dengan serius, jangan sampai terjadi kebakaran hebat, apalagi pada saat Ramadhan mendatang,"ujar Parisman Ihwan di Pekanbaru, Kamis.

Musim kering sudah melanda Riau sejak beberapa hari terakhir, tidak hanya itu suhu udara juga sudah mulai meningkat seiring dengan makin banyaknya muncul titik panas di Riau dan umumnya di Pulau Sumatera. Dengan kondisi ini, Parisman meminta agar Satgas Karhutla Provinsi Riau meningkatkan kewaspadaan sebagai antisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Riau.

Baca juga: Kebakaran di Kampar hanguskan lahan 11 hektare

Sebelumnya memang Pemerintah Provinsi Riau sudah menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) hingga 30 November 2022.

Menurut Politisi Golkar Riau itu, langkah yang dilakukan Pemprov Riau tersebut sudah tepat mempercepat penetapan status siaga darurat karhutla, sehingga ada upaya cepat mengantisipasi kebakaran. "Kita harus apresiasi langkah cepat pak Gubernur dan Satgas Karhutla, semoga tidak ada kebakaran hutan dan lahan tahun ini,"ujar Parisman.

Dia juga berharap keseriusan perusahaan dalam mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan di daerah operasi mereka masing-masing. "Masyarakat kita yang punya lahan juga harus ikut mengawasi, menjaga wilayah, karena kerja antisipasi kebakaran ini adalah kerja bersama, bukan hanya satgas namun semua harus terlibat," jelas Parisman Ihwan.

Sebagaimana diketahui saat ini kebakaran hutan dan lahan sudah terjadi di beberapa wilayah di Riau, seperti di Kabupaten Rokan Hulu, Kampar dan beberapa Kabupaten lainnya di Riau. (Adv)

Baca juga: Pemkab Bengkalis tingkatkan pengawasan Karhutla