Terpilih secara aklamasi, Suwitno kembali nahkodai Koperasi BBDM

id koperasi,bbdm,kecamatan,bukit batu,kabupaten,Bengkalis

Terpilih secara aklamasi, Suwitno kembali nahkodai Koperasi BBDM

Suwitno Pranolo (tengah) kembali terpilih secara aklamasi untuk kembali mengnahkodai Koperasi BBDM Kecamatan Bukit Batu pada Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang digelar pada , Sabtu (19/2). (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Suwitno Pranolo kembali terpilih secara aklamasi memimpin Koperasi Bukit Batu Darul Makmur (BBDM) Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis periode 2022-2027 dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun buku 2021 yang digelar pada, Sabtu (19/2) di Sungai Pakning.

"Alhamdulillah, saya kembali dipercaya untuk kembali menahkodai koperasi BBDM, sesuai amanat pasal 77 ayat 2 Kemenkop RI No 09 tahun 2018 tentang penyelenggaraan dan pembinaan, perkoperasian, kelembagaan koperasi wajib melaksanakan rapat tahunan dan berakhirnya masa kepengurusan pada akhir Februari 2022," ujar Suwitno Pranolo, Minggu.

Ditegaskan pria yang akrab disapa Ewokini, masih banyak persoalan yang menjadi tanggung jawabnya, salah satu hal penting yang telah dilakukan adalah membawa persoalan internal organisasi ke PTUN Pekanbaru dan hasil nya memenangkan gugatan dan sudah mempunyai putusan hukum tetap.

"Perjuangan yang kita lakukan bersama yakni memperjuangkan hak-hak anggota dalam kerjasama kebun plasma sawit yang belum dibagikan oleh PT. Surya Dumai Agrindo (SDA) dan pengurus telah membawa masalah tersebut ke Dirjen Adwil Kemendagri RI," kata Ewok.

Selain itu, ada enam butir kesepakatan yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh PT SDA sebagai mitra dan ia juga berharap kepada anggota untuk mendukung perjuangan ini.

"Kami juga minta anggota Koperasi untuk bersabar dan tetap optimis menyikapi apa yang telah diputuskan oleh Dirjen Adwil Kemendagri tersebut," tegasnya.

Sementara itu Ketua Dekopinda Kabupaten Bengkalis Jamaluddin menyampaikan terimakasih kepada Suwitno Pranolo selaku pengurus telah mampu bersinergi bersama pengawas dalam menjalankan usaha-usaha pokok koperasi BBDM terutama dalam hal memperjuangkan kebun plasma sawit yang belum direalisasikan oleh PT. SDA hingga ke tingkat pusat.

"Kami minta pengurus dan pengawas tetap berpedoman kepada ketentuan perkoperasian dalam menjalankan roda perkoperasian dan segera melaporkan hasil RAT koperasi ini dan RAT tiga tahun berturut-turut ke Kemenkop RI untuk mendapatkan Sertifikat NIK Koperasi," ungkapnya.