Berlokasi jauh dari ibukota kecamatan, Puskesmas Belutu diresmikan

id Puskesmas, Belutu, Siak

Berlokasi jauh dari ibukota kecamatan, Puskesmas Belutu diresmikan

Puskesmas Belutu yang berada di Kampung Belutu, Kecamatan Kandis. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Siak (ANTARA) - Bupati Siak Alfedri meresmikan operasional Pusat kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Belutu, yang berada di Kampung Belutu, Kecamatan Kandis yang lokasinya jauh dari ibukota kecamatan, Jumat.

Menurutnya, jarang sekali ada puskesmas yang berada di desa, dan selalu berada di ibu kota Kecamatan. Tujuan Puskesmas Belutu ini dibangun untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat yang jauh dari pusat kota.

"Mulai hari ini, di Kecamatan Kandis sudah ada Puskesmas yang berada di Desa/Kampung. Dan Alhamdulillah untuk masyarakat Kampung Belutu dan beberapa kampung sekitarnya, tidak perlu lagi pergi ke Kandis Kota yang jaraknya jauh, cukup datang ke Puskesmas Belutu", katanya.

Selain meresmikan Puskesmas Belutu, juga dilaksanakan vaksinasi dengan target 2000 orang. Kemudian pemberian pelayanan dokter spesialis, seperti penyakit dalam.

Alfedri juga mengingatkan kepada masyarakat agar segera vaksin bagi yang belum vaksin. Hal tersebut bertujuan untuk membentuk kelompok imun dengan catatan sudah 70 persen yang divaksin.

"Vaksinasi ini berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita terhadap virus. Khususnya COVID-19 apalagi sekarang sudah ada varian yang baru yakni Omicron, yang sudah masuk di Indonesia," sebut Alfedri.

Dengan begitu, tambah Alfedri, dengan sudah divaksin dan tetap melaksanakan Protokol kesehatan. Mudah-mudahan masyarakat Kabupaten Siak khususnya terhindar dari virus COVID-19.