Buka forum anak, ini harap Wabup Bengkalis

id Pemkab bengkalis,wabup bengkalis

Buka forum anak, ini harap Wabup Bengkalis

Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso membuka forum anak se-Kabupaten Bengkalis, Senin (29/11). (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Wakil Bupati Bengkalis Bagus Santoso mengharapkan Forum Anak Kabupaten Bengkalis untuk dapat memberikan pemahaman generasi muda Kabupaten Bengkalis tentang perlindungan kesejahteraan anak.

"Pemerintah juga telah berkomitmen dalam memenuhi hak anak sebagai mana amanat konstitusi, komitmen tersebut diperkuat dengan melibatkan peran anak Indonesia yang tergabung dalam forum anak," kata Bagus membuka acara Forum anak se-Kabupaten Bengkalis, Senin (29/11).

Dikatakan Bagus bahwa forum anak merupakan mitra Pemerintah dalam menyelesaikan permasalahan anak dan forum anak menjadi wadah dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak secara berjenjang.

"Kami membutuhkan peran dan kontribusi langsung dari anak-anak agar dapat berperan sebagai pelopor dan pelapor atas pemenuhan hak anak," ujarnya.

Bagus menambahkan saat ini isu penting pernikahan anak tahun di Kabupaten Bengkalis dari data kasus yang diperoleh pada tahun 2020 sebanyak 48 kasus, sedangkan tahun 2021 sebanyak 63 kasus.

"Ini menyebabkan pernikahan anak usia dini yang terjadi sebelum anak berusia 18 tahun menjadi salah satu permasalahan yang menganggu pertumbuhan dan perkembangan perkembangan anak menjadi terganggu karena belum memiliki kematangan fisik, fisiologis dan psikologis," jelas Wabup Bagus.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021