Anies Baswedan sambut baik penetapan DKI jadi tuan rumah Formula E 2022

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, balap

Anies Baswedan sambut baik penetapan DKI jadi tuan rumah Formula E 2022

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan keterangan pers di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara, Sabtu (16/10/2021). (ANTARA/Sihol Hasugian)

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyambut baik penetapan Ibu Kota sebagai tuan rumah balap mobil listrik Formula E pada Juni 2022 mendatang.

"Saya ingin sampaikan terima kasih, Jakarta menyambut baik bahwa sudah diumumkan kita menjadi tuan rumah dan kita akan bersiap untuk bulan Juni tanggal 4 tahun 2022," kata Anies di Kampung Tanah Merah, Jakarta Utara, Sabtu.

Menurut dia, FEO Limited selaku penyelenggara Formula E yang akan mengumumkan lokasi balap mobil tersebut dan sudah mengecek sejumlah alternatif lokasi.

Baca juga: Mengenal mobil balap AMG 300 SEL 6.8 yang berjaya di Spa-Francorchamps

"Sudah semuanya, sudah dikerjakan," tutur Anies.

Provinsi DKI Jakarta resmi menjadi tuan rumah balap mobil listrik ABB FIA Formula E pada 2022 berdasarkan penetapan FIA World Motor Sport Council di Paris, pada Jumat (15/10) waktu setempat.

Ketetapan tersebut sekaligus meratifikasi kalendar balapan musim ke-8 tahun 2021/2022.

Dalam video yang dibagikan khusus untuk penggemar olahraga otomotif di Indonesia, Chief Championship Officer sekaligus Co-founder Formula E, Alberto Longo, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas partisipasi Indonesia.

Baca juga: Hyundai i20 N, hadirkan mobil perkotaan dengan balutan desain balap WRC

Longo juga menekankan pentingnya Jakarta E-Prix bagi Indonesia dan ABB Formula E.

Longo juga mengapresiasi upaya Presiden Joko Widodo dalam mengurangi ketergantungan Indonesia pada energi konvensional, dan beralih pada energi ramah lingkungan, sebuah filosofi yang senada dengan pandangan FEO.

"Apalagi dalam merealisasikan filosofi tersebut dan untuk mengambil manfaat dari tren mobil listrik dunia, Presiden Joko Widodo berencana menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi mobil listrik dan baterai mobil," kata Longo dalam video yang diunggah pada Sabtu.

Memasuki balapan musim ke-8, Formula E akan hadir di kota-kota ikonik dunia, termasuk Diriyah (Saudi Arabia), Roma, Monako, Berlin, Vancouver, New York, London, dan Seoul.

Baca juga: Toyota akan luncurkan mobil balap GR Supra GT4 untuk pecinta kendaraan sport

Jakarta E-Prix 2022, akan menjadi gelaran balap pertama, dari tiga balapan yang akan dilaksanakan secara berturutan.

Direktur Utama Jakarta Propertindo Widi Amanasto, selaku penyelenggara acara, menyampaikan trek jalanan dalam kota akan sangat efektif dalam mempromosikan Indonesia dan Jakarta.

"Kami ingin masyarakat dunia menyaksikan kemajuan Indonesia, sehingga mereka tanpa ragu berkunjung ke Indonesia, baik sebagai turis maupun investor," kata Widi.

Pada tahun 2022, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah beberapa gelaran balap dunia, termasuk MotoGP yang akan memberikan kesempatan yang besar untuk mempromosikan negeri Indonesia.

Baca juga: Mitsubishi tampilkan Xpander AP4, mobil penumpang untuk balap reli