Membenahi Pantai Kastela

id Pantai,Pokdarwis, pantai kastela

Membenahi Pantai Kastela

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Ternate, Maluku Utara menggandeng PT Pertamina untuk membenahi objek wisata Pantai Kastela untuk mendukung pengembangan sector wisata di daerah kepulauan ini (ANTARA/bdul Fatah)

Ternate (ANTARA) - Kelompok Sadar Wisata Kota Ternate, Maluku Utara (Malut) menggandeng PT Pertamina untuk membenahi objek wisata Pantai Kastelaguna mendukung pengembangan sektor wisata di daerah kepulauan ini.

Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Ternate, Gunawan Idham di Ternate, Minggu, menjelaskan, kerjasama dengan Pertamina
Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Ternate bersama PT Pertamina melakukan pembersihan objek wisata Pantai Kastela (Abdul Fatah)


melalui bantuan dana CSR untuk pengembangan sector pariwata terutama untuk destinasi wisata Pantai Kastela.

"Tentunya Pantai Kastela memiliki keunikan dibanding objek wisata lainnya di Ternate, karena selain memiliki Benteng Kastela sebagai salah satu peninggalan di masa penjajahan Portugis, Pantai Kastela memiliki keistimewaan bagi pengunjung yang ingin menikmati sunset saat terbenamnya matahari," ujarnya.

Kendati belum masuk destinasi wisata Pantai Kastela belum menjadi primadona bagi warga yang ingin menikmati wisata di Kota Ternate.

Dia mengakui, saat ini masalah sampah butuh sinergitas antara berbagai elemen di bidang pariwisata dan pemerintah terutama sampah kiriman saat musim hujan, ini sangat merusak keindahan Pantai Kastela.

Olehnya itu, Pantai Kastela jika dipoles, tentunya bisa menjadi daya tarik tersendiri karena Kastela merupakan salah satu sejarah lokasi sejarah saat perjuangan Sultan Baabullah mengusir bangsa Portugis saat itu.

Gunawan berharap Pemkot Ternate melalui Dinas Pariwisata bisa mendukung pengembangan objek wisata ini, sebagai salah satu destinasi andalan Kota Ternate.

Dia menyatakan, Dinas Pariwisata telah menjadikan Pantai Kastela untuk dibangun tahun 2022, sehingga dalam mendukung Pantai Kastela menjadi objek wisata unggulan, maka saat ini Pokdarwis akan menyediakan fasilitas untuk pengunjung yang akan menikmati suasana pantai terutama pada malam hari.

Pihaknya mengapresiasi bantuan dari CSR Pertamina untuk membenahi berbagai fasilitas secara bertahap mulai dari penataan pantai hingga penyediaan UMKM di sekitar Pantai Kastela

Sementara itu, Pemkot Ternate melalui Lurah Kastela, Lutfi Kadir,SE ketika dihubungi menyatakan, tim PT Pertamina Pusat telah turun untuk melihat kebutuhan dan fasilitas yang untuk pengembangan Pantai Kastela dan telah menyiapkan bantuan melalui CSR untuk pembenahan infrastruktur objek wisata Pantai Kastela secara bertahap.

Sehingga, dengan adanya dukungan dan bantuan dari Pertamina ini, Kelurahan telah membentuk Pokdarwis agar dapat membangun fasilitas Pantai Kastela.

"Kami bersyukur, karena PT Pertamina akan mendukung pengembangan objek wisata Pantai Kastela dengan membenahi berbagai kebutuhan fasilitas secara bertahap dengan dana awal sebesar Rp60 juta," ujarnya.