Grand Prix Belgia ditunda akibat cuaca buruk

id formula1,formula one,grand prix belgia

Grand Prix Belgia ditunda akibat cuaca buruk

Gambaran umum balapan Grand Prix Belgia di tengah hujan lebat di Sirkuit Spa-Francorchamps. (29/8/2021) (ANTARA/REUTERS/Christian Hartmann)

Jakarta (ANTARA) - Hujan sangat lebat beberapa kali menunda start Grand Prix Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps yang diliputi cuaca buruk pada Minggu.

Pebalap Red Bull Max Verstappen mengamankan pole position dan start balapan seri ke-12 di kalender itu sempat tertunda 30 menit karena cuaca buruk.

Rekan satu tim Verstappen, Sergio Perez menjadi korban kondisi trek yang membahayakan ketika hujan lebat setelah kehilangan kendali mobilnya dan menabrak pagar pembatas Les Combes saat menuju ke starting grid, demikian AFP.

Perez tersingkir dari balapan lebih dini karena kerusakan suspensi depan yang terlalu parah.

Setelah Safety Car memandu 19 mobil kompetitor menjalani formation lap di tengah kondisi yang masih hujan, pebalap McLaren Lando Norris mengeluhkan kurangnya visibilitas dan bendera merah dikibarkan yang menunda kembali balapan tersebut.

"Cukup parah. Saya tidak bisa melihat mobil di depan saya," kata Norris lewat radio.

"Ini tidak mungkin. Kita tak bisa balapan," kata pebalap tim Alpine Fernando Alonso.

Hujan yang masih lebat menunda kembali balapan sementara penyelenggara sibuk memonitor cuaca di atas sirkuit yang terletak di Hutan Ardennes tersebut.

Sirkuit dipadati sekira 75.000 penonton yang berlindung di bawah payung dan jas hujan di tengah kondisi cuaca buruk hari itu.

Verstappen mengamankan posisi start terdepan dan George Russell bergabung di baris terdepan setelah mengamankan P2 untuk tim Williams, sedangkan pemuncak klasemen sementara Lewis Hamilton dari tim Mercedes berada di baris kedua bersama Daniel Ricciardo dari tim McLaren.

Hamilton mengantongi keunggulan delapan poin dari Verstappen di klasemen pebalap.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar