Tiga helikopter militer bawa 169 orang Amerika ke bandara Kabul

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Kabul

Tiga helikopter militer bawa 169 orang Amerika ke bandara Kabul

Arsip: Helikopter CH-47 Chinook diangkut ke pesawat Angkatan Udara AS C-17 Globemasters III selama proses penarikan pasukan AS di Afghanistan. Gambar diambil pada 16 Juni, 2021. (ANTARA/U.S. Army/Sgt. 1st Class Corey Vandiver/Handout via REUTERS/tm)

Washington (ANTARA) - Militer Amerika Serikat menggunakan tiga helikopter militer untuk membawa 169 orang Amerika ke bandara di Kabul dari sebuah gedung yang hanya berjarak 200 meter, kata Pentagon.

Juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan keputusan dibuat untuk menggunakan helikopter pada Kamis (19/8) karena orang Amerika tidak dapat mencapai gerbang bandara.

Baca juga: SAR: Heli Super Puma diturunkan bantu cari korban KM nelayan tenggelam

Mereka dijemput dari Hotel Baron terdekat.

Kirby mengatakan ini adalah 169 orang Amerika yang diselamatkan yang disebut Presiden Joe Biden dalam pidatonya pada Jumat (20/8).

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Amerika Serikat mengirim lebih banyak petugas konsuler ke Kabul dan lokasi lain, termasuk Qatar dan Kuwait, untuk membantu upaya evakuasi dari Afghanistan setelah Taliban merebut Kabul pada Minggu.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri AS Ned Price mengatakan 6.000 orang yang diproses sepenuhnya saat ini berada di bandara di Kabul dan akan segera naik pesawat.

Baca juga: Heli Caracal dikerahkan untuk evakuasi jasad teroris Poso

Dia menambahkan Washington akan hampir menggandakan jumlah petugas konsuler di Kabul, tanpa mengungkapkan berapa banyak yang dikerahkan.

Sebuah sumber mengatakan bahwa pejabat Gedung Putih mengatakan pada konferensi pers pada Kamis pagi bahwa Amerika Serikat telah mengevakuasi 6.741 orang, termasuk 1.792 warga negara Amerika dan penduduk tetap yang sah, dari Kabul.

Baca juga: Menlu Retno Marsudi diminta lanjutkan lobi internasional demi perdamaian Afghanistan

Baca juga: Indonesia diminta antisipasi datangnya pengungsi Afghanistan


Sumber : Reuters