Ranperda Perusda Dumai Mendesak Untuk Dipercepat

id ranperda perusda, dumai mendesak, untuk dipercepat

Dumai, (antarariau) - Pemerintah Kota Dumai, bersama dengan DPRD setempat mempercepat pembahasan rancangan peraturan daerah tentang perubahan perusda menjadi perusahaan terbatas.

"Pembahasan perusda menjadi PT penting agar kinerja perusahaan yang dimiliki Pemkot Dumai bisa lebih luas dalam menjalankan urusan bisnis guna meningkatkan perolehan PAD," kata Wali Kota Dumai H Khairul Anwar di Pekanbaru, Rabu.

Ia mengatakan itu terkait tuntutan otonomi daerah itu tercakup dalam Undang-undang Otonomi Daerah No 32 tahun 2004 sehingga Pemeirntah Kabupaten dan Kota diisyaratkan untuk terus menggali berbagai potensi ekonomi di daerah juga dalam rangka meningkatkan pendapatan.

Sementara itu bentuk badan usaha PT adalah bentuk perusahaan yang paling populer dalam bisnis dan paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis di Indonesia dalam menjalankan kegiatan usaha di berbagai bidang.

Selain memiliki landasan hukum yang jelas seperti yang diatur dalam Undang-undang Nomor 40 Tahun 2007 Perubahan atas Undang-undang nomor 1 tahun 1995 tentang Perseroan Terbatas bentuk PT ini juga dirasakan lebih menjaga keamanan para pemegang saham/pemilik modal dalam berusaha.

Karena itu menurut dia, keberadaan PT yakni perubahan dari Perusda Persemai milik Pemko Dumai itu nantinya diharapkan akan lebih fleksibel, lebih luas kinerja dan tanggungjawabnya.

"Dalam hal ini Pemerintah Kota Dumai hanya berperan mengontrol perkembangan dari PT tersebut," katanya sedangkan calon direktur PT tentunya melalui seleksi dan uji kelayakan.

Yang jelas, katanya lagi calon sudah ada di antaranya Direktur Perusda Persemai yakni Syafruddin Atan Wahid yang telah memiliki pengalaman memimpin belajar di Jerman tentang kepelabuhan.

Sementara itu dalam rangka memenuhi tuntutan otonomi daerah dan Pemkot Dumai juga perlu terus menggali potensi daerah baik di darat, laut dan udara.

"Salah satu potensi tersebut adalah kerja sama yang sudah berlangsung selama dua bulan terakhir dengan Pelindo I Cabang Pekanbaru bidang peningkatan pelayanan pemanduan kapal-kapal Tanker," katanya.