Bandara Pekanbaru Mantapkan Persiapan Sambut PON

id bandara pekanbaru, mantapkan persiapan, sambut pon

Pekanbaru, (antarariau) - Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Riau, berupaya mematangkan segala persiapan dalam rangka menyambut Pekan Olahraga Nasional ke XVIII/2012, 9 September.

"Segala persiapan mulai dimatangkan termasuk segala fasilitas dan tenaga keamanan," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Ibnu Hasan di Pekanbaru, Jumat.

Ia menjelaskan, sejauh ini pematangan itu sudah mulai dioptimalisasikan sehingga tidak ada kendala termasuk dalam penyambutan para kontingen dan atlet yang akan berlaga saat PON nanti.

Pihak PT Angkasa Pura (AP) II, katanya, juga berupaya memperketat sistem pengamanan di Bandar SSK II Pekanbaru, guna memberikan kenyamanan para kontingen dan atlet PON.

"Perketatan pengamanan dilakukan di semua lokasi baik di dalam terminal maupun di luar yang tidak bersentuhan langsung dengan fasilitas," katanya.

Ibnu menjelaskan, dalam upaya memberikan kenyamanan dan keamanan di terminal Bandara SSK II, pihaknya akan berusaha sekuat tenaga.

"Intinya adalah, kami selalu bekerja sesuai dengan Standar Operasional Pengamanan (SOP). Namun tetap saja pengamanan akan terus ditingkatkan, terlebih jelas Lebaran ini," katanya.

Ia menjelaskan, saat ini di Bandara SSK II Pekanbaru terdapat sekitar 110 petugas keamanan, dimana sebanyak 85 diantaranya bertugas menjaga keamanan di dalam terminal.

Sementara sebanyak 25 petugas lainnya, demikian Ibnu, bertugas melakukan pengamanan di luar terminal sebagai wujud untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan.

"Seluruh petugas itu dibagi menjadi tiga tim yang bertugas secara intensif mulai pagi, siang hingga malam," katanya.

Saat ini pihak AP-II selaku pengelola Bandara SSK II Pekanbaru juga telah mengoperasikan terminal baru tercatat sejak Senin (16/7).

"Semua aktivitas dan kegiatan telah dipindahkan ke bandara SSK II yang baru," katanya.

Pantauan ANTARA, pintu pagar di gerbang masuk bandara lama sudah ditutup rapat dan bangunan lama telah mulai dirubuhkan untuk pengembangan halaman bandara.

"Dengan pengoperasian terminal baru ini, seluruh sistem juga harus di perbaiki termasuk sistem pengamanan. Selain petugas, kami juga melengkapi terminal dengan teknologi pengamanan yang canggih sehingga seluruh penumpang terdeteksi dengan mudah," katanya.