Viral, harimau di Siak memangsa ayam milik warga Teluk Lanus

id Harimau siak, harimau riau, harimau teluk lanus, harimau mangsa ayam, bonita

Viral, harimau di Siak memangsa ayam milik warga Teluk Lanus

Harimau Sumatera terlihat memangsa ayam warga di Teluk Lanus, Siak. (ANTARA/Tangkapan Layar)

Siak (ANTARA) - Seekor Harimau Sumatera terlihat memasuki pemukiman warga di Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit Kabupaten Siak, dan memangsa seekor ayam dekatpekarangan rumah warga,

Kepala Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Riau, Suharyono, Rabu, membenarkan munculnya seekor harimau tersebut. Namun kemunculan hewan dilindungi itu terjadi pada Maret dan informasi diterima pihaknya pada awal April 2021 lalu.

"Sekitar tanggal 5 April lalu kita mendapatkan video tersebut dari pihak manajemen perusahaan perkebunan PT Triomas," katanya.

Ia mengatakan, kucing besar itu diketahui dari video yang diambil oleh karyawan kebun yang ada di mespekerja. Hasil pengecekan lokasi, harimau itu diperkirakan berusia remaja dengan jenis kelamin jantan.

"Dilihat dari video harimau tersebut sedang belajar berburu mangsa," bebernya.

Haryono mengaku menerima dua video yang berbeda di lokasi yang sama. Video pertama pada siang hari dan video kedua menunjukkan kondisi malam hari.

Menurutnya, lokasi munculnya hewan buas dilindungi itu masuk dalam lanskap Semenanjung Kampar yang memang merupakan habitat Harimau Sumatera.

Pihaknya pun sudah lakukan komunikasi dan bimbingan teknis terhadap perusahaan.

"Kemudian pihak perusahaan juga berkomitmen untuk memantau lokasi menggunakan kamera trap. Hingga saat ini belum terlihat lagi kemunculan harimau di lokasi itu yang sama," ujarnya.

Baca juga: TIm Harimau Kampar Polda Riau ungkap penyelundupan 20 Kg sabu-sabu dari Malaysia

Baca juga: Auumm..Harimau Corina dilepasliarkan di Semenanjung Kampar