Sergio Ramos gagal eksekusi dua penalti, Ini tanggapan pelatih

id Sergio Ramos,Luis Enrique,Spanyol vs Swiss,UEFA Nations League

Sergio Ramos gagal eksekusi dua penalti, Ini tanggapan pelatih

Kapten timnas Spanyol Sergio Ramos pecahkan rekor Buffon sebagai pemain dengan penampilan internasional terbanyak di Eropa.(Pool via REUTERS/DEAN MOUHTAROPOULOS)

Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional Spanyol Luis Enrique membela kapten timnya Sergio Ramos, yang gagal mengeksekusi penalti dalam hasil imbang 1-1 Spanyol dengan Swiss,Minggu.

Ramos dalam pertandingan itu berhasil memecahkan rekor Gianluigi Buffon sebagai pemain dengan penampilan terbanyak dalam sejarah sepak bola internasional Eropa.

Namun, rekor tersebut harus diwarnai kegagalan saat dua tendangan penalti Ramos di babak kedua diselamatkan oleh kiper Swiss Yann Sommer.

Remo Freuler membuka skor untuk Swiss pada menit ke-26, sebelum Gerard Moreno menyelamatkan wajah Ramos dengan menyamakan kedudukan pada menit ke-89 dalam pertandingan UEFA Nations League di St. Jakob-Park, Basel.

Ramos telah mencetak 25 penalti beruntun untuk klub dan negara sebelum gagal dua kali dalam rentang waktu 23 menit, dan pelatih Spanyol mengatakan rekor itu berarti ia tidak dalam bahaya kehilangan statusnya sebagai pengambil penalti terbaik Spanyol.

"Rekor Sergio Ramos dengan adu penalti berada di atas sana bersama mereka yang terbaik," kata Enrique usai pertandingan yang dikutip Goal, Minggu.

"Akan sangat tidak adil untuk melepasnya (sebagai eksekutor penalti) karena ia gagal satu, dua, tiga kali."

"Bila ada penalti lain, ia akan mengambilnya ... bila ia gagal dua kali, melepaskannya dari tugas penalti adalah sebuah lelucon. Ada daftar pengambil penalti dan Sergio Ramos ada di atas."

Moreno juga setuju dengan perkataan pelatihnya ketika Ramos mencapai penampilan internasional yang ke-177 dalam kariernya.

"Sergio terlahir sebagai pemenang. Hari ini ia tidak bisa mencetak dua penalti tetapi ia memainkan banyak pertandingan - banyak kekalahan, banyak kemenangan. Ia memiliki banyak pengalaman," kata Moreno.

"Hari ini penalti tidak masuk, tetapi saya tidak tahu berapa banyak yang ia buat sebelumnya. Itu bukan sesuatu yang harus kita khawatirkan. Saya yakin bila ada penalti lain ia akan mengambilnya dan akan mencetak gol."

Dengan hasil imbang tersebut, Spanyol jatuh ke posisi kedua di Grup 4 Liga A, satu poin di belakang Jerman di UEFA Nations League. La Roja dijadwalkan akan menghadapi Jerman di Estadio La Cartuja di Sevilla, Rabu (18/11).