Gelombang selat Malaka 1,5 meter

id gelombang selat, malaka 15 meter

Pekanbaru - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Pekanbaru memprakirakan cuaca di sebagian Selat Malaka cenderung mendung dan berpotensi hujan ringan dengan tinggi gelombang maksimum 1,5 meter.

"Kondisi tersebut masih layak untuk aktivitas pelayaran, namun ketika cuaca buruk kapal-kapal kecil baiknya juga waspada," kata Analis di lembaga ini, Sanya Gautami di Pekanbaru, Minggu.

Sanya atas nama pimpinan BMKG Stasiun Meteorologi Pekanbaru, Philip Mustamu menuturkan, untuk Selat Malaka arah tiupan angin umumnya dari arah Barat laut sampai dengan Timur Laut dengan kecepatan berkisar antara 5 sampai 28 kilometer per jam.

Kemudian untuk temperatur suhu udara, baik Selat Malaka dan sebagian besar daratan Riau yakni maksimum 30,0-34,0 derajat celsius.

"Selanjutnya untuk kondisi cuaca secara umum wilayah Riau, pada hari ini cenderung berpotensi hujan dengan intensitas ringan-sedang," katanya.

Seperti Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Siak dan Kota Dumai, berdasarakan analisa dan pantauan satelit cuaca, berpotensi dilanda hujan ringan, namun pada jam-jam tertentu khususnya sore hingga malam hari.

Begitu juga untuk Kabupaten Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kuantansingingi, Meranti dan Kota Pekanbaru menurut pantauan satelit cuaca juga berpeluang hujan ringan.

"Selanjutnya untuk dua wilayah Riau seperti Kabupaten Kampar dan Pelalawan masih berpeluang cerah berawan. Kemungkinan untuk turun hujan di dua wilayah ini sangat kecil," kata Sanya.