PON Butuh dana Rp290 miliar

id pon butuh, dana rp290 miliar

Jakarta - PB PON Riau masih membutuhkan dana sebesar Rp290 miliar untuk penyelesaian pembangunan sejumlah venues termasuk juga penyelenggaraannya.

"Sebenarnya sudah tidak banyak, yakni sekitar Rp290 miliar lagi. Kami juga sudah usulkan ke pusat melalui Kementerian Menteri Pemuda dan Olahraga (Kemenpora)," kata kata Gubernur Riau Rusli Zainal selaku Ketua PB PON XVII dikutip dari Kantor Penghubung Pemprov Riau di Jakarta kepada ANTARA Riau, Jumat.

Pernyataan Ketua PB PON ini saat ditanya pers menyangkut berapa lagi anggaran yang diperlukan untuk PON dalam penyelesaian beberapa venues, termasuk anggaran penyelenggaraan.

Terkait penyelesaian venues beberapa cabang olahraga dan fasilitas serta infrastruktur pendukung tertentu, Rusli memastikan paling lambat Agustus 2012 semuamya sudah selesai, sehingga bisa digunakan untuk pertandingan, September.

"Insya Allah semua masih sesuai rencana. Paling lambat Agustus 2012 semua sudah selesai," tegasnya.

Sebelumnya, Menko Kesra RI, H Agung Laksono, menegaskan, penyelenggaraan PON XVIII tahun 2012 di Provinsi Riau harus sukses, karena inilah ajang melahirkan atlet-atlet nasional berprestasi yang akan mengharumkan nama bangsa.

Demikian dituturkan Gubernur Riau, H Rusli Zainal selaku Ketua PB PON XVII mengutip pernyataan Agung Laksono dalam rilis tersebur.

Saat membuka Rapat Anggota KONI Pusat di Hotel Atlet Century, Jakarta, beberapa waktu lalu, Agung Laksono mengatakan, "Kita tidak boleh mengesampingkan event-event (olahraga) dalam negeri seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) yang segera dilaksanakan di Provinsi Riau".

Sebab, menurutnya (sebagaimana dituturkan Rusli Zainal yang juga diundang mengikuti rapat KONI Pusat tersebut, -red), dari situlah Indonesia bisa menghasilkan kemudian membina atlet-atlet yang bakal membanggakan bangsa Indonesia di pentas olahraga antara bangsa-bangsa.

Karena itu, lanjutnya, ia mengajak seluruh pemangku kepentingan olahraga nasional, harus benar-benar berkontribusi menyukseskan penyelenggaraan PON di Riau yang diharapkannya menghasilkan prestasi gemilang di bidang keolahragaan.

Atas semua pernyataan Menko Kesra tersebut, Rusli Zainal mengatakan, sangat menghargainya serta menyambut baik ajakan Agung Laksono kepada semua pemangku kepentingan untuk menyukseskan PON XVIII Riau.

"Kami sangat berterimakasih atas ajakan Pak Agung melalui pidatonya tersebut untuk menyukseskan PON di Riau. Karena memang ini adalah 'gawe' nasional yang harus kita sukseskan bersama-sama," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan ANTARA sebelumnya, selain PON, Provinsi Riau juga mendapat kehormatan menggelar Islamic Solidarity Games (ISG), yakni pesta olahraga negara-negara Islam se-dunia, pada tahun 2013 mendatang.

Ditanya persiapan penyelenggaraan ISG III pada 6 Juni 2013 tersebut, Rusli mengatakan, pihaknya terus mematangkan.

"Memang ada beberapa venues eks PON nanti yang harus kami sesuaikan atau direnovasi secukupnya, agar memenuhi standar internasional. Tapi itu hanya beberapa 'venues' saja. Insya Allah juga bisa kami atasi semuanya," kata Rusli Zainal.

Rusli Zainal mengatakan, pihaknya sudah mengajukan anggaran pada APBN-P 2012 untuk penyelenggaraan ISG III tersebut. Dari catatan ANTARA, 57 negara dari OKI akan turut serta dalam event internasional tersebut.