Polres Inhu turunkan sejumlah personil amankan KPU

id Polres Inhu turunkan sejumlah personil amankan KPU,Kpu inhu, pilkada inhu

Polres Inhu turunkan sejumlah personil amankan KPU

Polres Inhu turunkan sejumlah personil amankan KPU (Polres Inhu turunkan sejumlah personil amankan KPU)

Rengat (ANTARA) - Polres Indragiri Hulu, Riau menurunkan sejumlah personil untuk mengamankan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Desember mendatang, puluhan telah ditempatkan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) agar situasi aman, kendati pendaftaran dimulai Jumat 4 September 2020.

"Pihak Polres memberikan pelayanan optimal, pengamanan dengan tujuan agar semua berjalan lancar," kata Kapolres Indragiri Hulu AKBP Efrizal melalui PS Paur Humas Aipda Misran, Kamis.

Ia mengatakan, tahapan pemilihan bakal calon bupati dan wakil bupati 2020 sudah mulai berjalan pada Jumat (4/9) dengan agenda pendaftaran pasangan yang telah diusung sejumlah partai politik ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Sejumlah personil Polres sudah melakukan siaga agar tidak ada persoalan yang dapat merusak proses berlangsungnya tahapan tersebut sejak Kamis (3/6), puluhan anggota Kepolisian yang bertugas telah mendapatkan amanah dan pembekalan.

"Ada 30 anggota kepolisian memberikan pengamanan kantor KPU, 45 untuk pengamanan pendaftaran bakal calon bupati dan wakil bupati dan lima pengawalan Ketua KPU setempat," sebut Misran.

Semua pihak, pintanya, tetap menjaga situasi kondusif, karena keamanan, kenyamanan bukan saja tanggungjawab Kepolisian akan tetapi semua elemen masyarakat.

Jika ada masyarakat yang ingin berbuat onar atau memicu kerusuhan, pihak Polres tidak akan mentoleransi, tentu akan ditindak tegas, untuk itu lanjutnya, meminta agar sama mendukung proses tahapan Pilkada berjalan lancar.

" Setelah proses pendaftaran calon bupati dan wakil bupati, Polres Inhu menyiagakan puluhan personil siaga setiap hari selama tahapan Pilkada," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, adapun tahapan Pilkada selama 108 hari sesuai dengan jadwal pelaksanaan operasi Mantap Praja 2020, prosesi pengamanan juga dilaksanakan di kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Inhu.

Misran menambahkan, masyarakat juga diminta berperan aktip ikut memberikan rasa aman selama proses Pilkada, jika ada hal yang mencurigakan untuk segera melaporkannya ke pihak Kepolisian terdekat.