PTPN V sembelih 317 hewan kurban di enam kabupaten

id PTPN V, hewan kurban

PTPN V sembelih 317 hewan kurban di enam kabupaten

Kegiatan penyembelihan hewan kurban di Mesjid Nurul Iman Kantor Pusat PTPN V (ANTARA/HO Humas PTPN V)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara V menyembelih dan menyalurkan 317 hewan kurban terdiri dari 240 ekor sapi dan 77 kambing ke enam kabupaten di Provinsi Riau pada perayaan Idul Adha 1441 Hijriah tahun 2020.

Direktur PTPN V Jatmiko K Santosa dalam keterangannya di Pekanbaru, Selasa, mengatakan penyembelihan dan penyerahan hewan kurban yang tidak hanya diperuntukkan bagi karyawan, namun juga masyarakat di sekitar areal unit kerja itu merupakan wujud kepedulian perusahaan.

"Ini adalah wujud syukur dan ketaatan kepada Allah subhanahu wata’ala, serta sebagai bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat sekitar kebun, termasuk dalam situasi pandemi COVID-19 yang telah mengganggu setiap aspek sendi kehidupan masyarakat," katanya.

Seluruh rangkaian penyembelihan dan pembagian daging kurban itu tetap mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Selain memotong dan membagikan langsung daging hewan kurban, Jatmiko mengatakan perusahaan sawit dan karet milik negara terbesar di Bumi Lancang Kuning itu juga menyerahkan hewan kurban hidup. Di antaranya dua ekor sapi yang diserahkan kepada DPRD Provinsi Riau dan satu ekor sapi ke Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin.

Penyerahan sapi secara simbolis kepada DPRD Provinsi Riau dan Lanud Roesmin Nurjadin diserahkan oleh Direktur yang diwakili oleh Kepala Bagian Sekretaris Perusahaan Bambang Budi Santoso.

“Semoga sapi kurban ini dapat bermanfaat bagi masyarakat semua dan membawa berkah bagi kita, baik yang bekerja di perusahaan dan juga bagi masyarakat di sekitar kebun. Semoga ibadah ini memudahkan doa kita semua agar pandemi COVID-19 juga segera berlalu," harap Jatmiko.

Sementara itu anggota Komisi V DPRD Riau Agung Nugroho berterimakasih kepada PTPN V dengan penyerahan dua ekor sapi tersebut. Dia mengatakan bahwaPTPNV senantiasa terus memperkuat sinergi dan mempertahankan hubungan harmonis dengan legislatif dan masyarakat sekitar unit kerjanya.

“Terimakasih kepadaPTPNV. Semoga dengan sinergi ini peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemajuan dari Perusahaan Perkebunan itu sendiri dapat dicapai," kata Agung.

Baca juga: Geliat ekonomi di tengah pandemi

Baca juga: PTPN V replanting 1.100 ha lahan sawit plasma di Lubuk Dalam Siak