"Army" BTS galang donasi satu juta dolar untuk Black Lives Matter

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,musik, Army,BTS

"Army" BTS galang donasi satu juta dolar untuk Black Lives Matter

Grup K-pop BTS. (Instagram/bts.bighitofficial)

Jakarta (ANTARA) - Army, sebutan untuk para penggemar grup idola asal Korea Selatan Bangtan Sonyeondan atau BTS, galang donasi hingga satu juta dolar untuk Black Lives Matter (BLM) dalam mendukung protes warga Amerika Serikat terhadap kebrutalan polisi.

Sebuah organisasi yang mengelola penggalangan dana tersebut pada Senin (8/6) waktu setempat mengatakan kepada Reuters bahwa donasi yang telah terkumpul sebelumnya telah diserahkan kepada BLM pada awal Juni lalu.

Baca juga: Thailand gelar festival musik rock secara daring menggunakan Zoom

Tujuh anggota BTS menulis di akun Twitter-nya pada hari Kamis bahwa mereka menentang rasisme dan kekerasan dengan tagar BlackLivesMatter.

"Kami menentang diskriminasi ras. Kami mengutuk kekerasan. Anda, saya dan kita semua memiliki hak untuk dihormati. Kami akan berdiri bersama," cuit akun resmi BTS di laman Twitter.

Tagar BlackLivesMatter menjadi viral di kalangan para penggemar dan gelombang donasi mulai berdatangan dengan tagar MatchAMillion.

Gerakan ini mendorong basis penggemar BTS, yang dikenal sebagai ARMY, singkatan dari Adorable Representative MC for Youth, untuk menggalang donasi hingga 1 juta dolar.

One In An ARMY (OIAA), sebuah kelompok yang menjalankan kampanye donasi atas nama basis penggemar BTS, dalam sebuah pernyataan mengatakan total sumbangan telah melampaui 817.000 dolar dalam kurun waktu 24 jam setelah donasi BTS diumumkan.

"Kami sangat bangga bahwa ARMY sekali lagi menyalurkan kekuatan mereka untuk selamanya dan membuat dampak nyata dalam perang melawan rasisme anti-kulit hitam," kata OIAA.

"Kami berdiri dalam solidaritas ini. Mereka adalah bagian penting dari keluarga kami. Dan kami berdiri dengan warga kulit hitam di mana-mana. Suara Anda layak didengar. "

Kampanye ini telah mengumpulkan 1.007.518 dolar pada hari Senin (8/6) pukul 9.47 waktu setempat, dan akan terus berlanjut tanpa batas waktu, kata panitia.

Baca juga: Berkat TikTok, lagu Simple Plan"I'm Just A Kid" berhasil raih platinum

Baca juga: Personel BLACKPINK akan rilis lagu-lagu solo mulai September 2020


Penerjemah: Maria Rosari Dwi Putri