Program "Cashback" Pertamina ringankan beban BBM ojol di Pekanbaru

id Bbm,pertamina, pertamina riau

Program "Cashback" Pertamina ringankan beban BBM ojol di Pekanbaru

Katrina Loica. (ANTARA/Vera Lusiana)

 Pekanbaru (ANTARA) - Puluhan pengemudi ojek jnline (Ojol) yang beroperasi di Kota Pekanbaru mengaku terbantu dengan program yang diluncurkan Pertamina, berupa "Cashback" 50 persen saldo LinkAja yang diberlakukan selama Ramadhan dan pandemiCOVID -19.

"Pendapatan kami jauh merosot di tengah wabah COVID-19, dengan adanya program cashback saat membeli BBM kami sedikit terbantu," kata pengemudi Ojol Kartina Loica (46) tahun, di Pekanbaru, Sabtu.

Kartina Loica yang sudah empat tahun menjadi pengemudi Oool mengaku setia menggunakan BBM jenis pertalite yang dirasa mampu menambah tarikan motornya serta membuat awet mesin.

"Pertalitelebih irit, mesin lebih terawat, kecepatan lebih kencang, suara mesin menjadi halus," kata ibu empat anak tersebut.

Sementara itu, Lidia (48) warga Pekanbaru, pemilik mobil Agya bermesin 1000 cc juga mengaku selama ini pakai pertamaxwalau kebanyakan kendaraankecil ini umumnya tidak pakai Pertamax. Namun bagi wanita karir itu, penggunaan bahan bakar yang beroktan tinggi seolah menjadi kemutlakan.

"Saya ingin mobil yang dipakai sehari-hari untuk aktivitas kerja tidak gampang rusak, dan awet dalam perawatan. Maka BBMberoktan tinggi adalah pilihan terbaik bagiku," kata Lidia.

Dia mengaku senang dengan adanya program "Cashback" Berkah Ramadhan 30 persen, bisa lebih hemat dalam isian BBM apalagi di tengah krisis ekonomi akibat wabah COVID-19.

"Program ini memberikan manfaat hemat Rp 60.000 jika mengisi Rp 200.000 pada tiap transaksi BBM, lumayan bisa digunakan untuk membeli kebutuhan lain," katanya.
Salah satu program Pertamina. (ANTARA/Vera Lusiana)


Sementaraitu Kepala Unit Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I, Roby Hervindo menjelaskan Pertamina sedang memberikan Program Ramadhan berupa "Cashback" saldo Linkaja dari 30 persen sampai 50 persen yang diberlakukan selama Ramadhan dan pandemiCOVID-19.

Satu di antaranya, program "Cashback" angkot sebesar 50 persen. Program ini ditujukan kepada pengemudi angkutan umum dengan cashback sebesar 50 persen atau maksimum Rp 30.000 pada pembelian BBM jenis Pertalite dan Dexlite untuk 10.000 transaksi setiap hari di SPBU Pertamina yang terhubung dengan aplikasi MyPertamina. Periode program ini berlaku dari 3 Mei hingga 31 Juli 2020.

"Melalui program ini, diharapkan dapat meringankan beban pengemudi angkot yang masih harus menjalankan pekerjaannya di tengah pandemiCOVID-19," kata Roby.

Khusus untuk program promo BBM, konsumen, pengemudi angkot dan pengemudi ojol harus mengunduh aplikasi MyPertamina dan mengaktifkan fitur LinkAja. Cashback berlaku untuk sekali transaksi per hari.

Ada juga program "Cashback" 50 persen Ojol, program ini diperuntukkan kepada pengemudi ojek online dengan cashback sebesar 50 persen atau maksimum Rp 15.000 pada pembelian BBM jenis Pertalite untuk 10.000 transaksi setiap hari di SPBU Pertamina yang terhubung dengan aplikasi MyPertamina. Periode program ini juga berlaku dari 14 April 2020 hingga 31 Juli 2020.

Selain itu, dalam bentuk CSR Pertamina juga memberikan donasi untuk penanggulangan COVID-19 di Riau lewat Gugus Tugas Provinsi dengan total bantuan Rp216 juta yang terdiri dari Alat Pelindung Diri (APD) berupa pakaian hazmat, jumlahnya 150 pasang, menyemprotkan disinfektan di lingkungan warga sekitar SPBU di Pekanbarubekerja sama dengan UNRI.

Kemudian, pembagian 750 paket sembako kepada warga ring satu di lima lokasi operasi Pertamina yakni, Fuel Terminal Dumai, FT Sei Siak, FT Tembilahan, DPPU Pinang Kapai, DPPU SSK II.