Mendulang manisnya kopi Robusta bersama si "pink"

id Pertamina,savasana

Mendulang manisnya kopi Robusta bersama si "pink"

Kedai Kopi Savasana (ANTARA/Vera Lusiana)

 Pekanbaru (ANTARA) - Saat ini banyak Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) kedai kopi bermunculan di Kota Pekanbaru, tetapi tidak semua bisa bertahan hingga bertahun-tahun tanpa ciri khas dan cita rasa yang nikmat.

Terletak di salah satu sudut Jalan Sutomo, Pekanbaru, Kedai Kopi Savasana tetap dicari penikmat sejati kopi kental.

"Khas kopi di Kedai Savasana pahit dan kental dari Robusta," kata pemilik usaha Kedai Kopi Savasana Sehan Chainando (47), di Pekanbaru, Senin.

Sehan mengatakan, nama Kedai Kopi Savasana dibuat bukan sembarangan, diambil dari salah satu istilah yoga, yang berarti santai atau rileks. Tujuannya agar setiap pecinta kopi robusta bisa menikmati secangkir atau lebih dengan santai sambil membincangkan bisnis bersama relasi atau hanya ingin sendiri, tempat itu juga nyaman. Suasana tempat yang sederhana si penikmat berasa ngopi di rumah sendiri.

"Istri saya yang buat namanya, dia pemain yoga," katanya.

Sehan Chainando sudah memulai usaha Kedai Kopi Savasana sejak 2014. Sejak itu pula ia sudah menggunakan gas non subsidi. Ia menetapkan pilihan pada bright gas karena isinya lebih terjamin dan praktis untuk digunakan.

Kini usahanya berkembang, tak hanya melayani seduhan robusta, di Kedai Kopi Savasana juga sudah disediakan dengan kudapan lainnya

seperti mie pangsit, mie sagu, kwetiau, bubur ayam yang menggugah selera.

Usaha Mikro Kecil Menengah itupun kini mendulang manisnya sebuah usaha, hingga mampu menjual sekitar 100 cangkir kopi per hari.

Diakuinya, kesuksesan yang diraihnya saat ini bukan tanpa usaha dan kegigihan. Kemampuannya meracik sendiri biji kopi robusta asal Kerinci Jambi, dan dripper sekali seduh menjadi kunci rasa tiada duanya.

"Yang menjadi ciri khas kopi di kedai kami, kopi hanya sekali seduh, sehingga kualitas dan rasa terjamin," katanya membocorkan rahasia nikmatnya.

Selain racikan kopi yang dibuat sendiri, kunci sukses Savasana juga berkat pemanasan api yang maksimal dari bright gas 5,5 kg dan 12 kg.

"Si "pink" mudah didapat isi ulangnya jika habis, yang paling utama adalah aman berkat teknologi katup ganda yang berfungsi mengurangi tekanan gas berlebih," katanya.

Keunggulan lain bright gas adalah dua kali lebih aman dari pada tabung elpiji biasa. Selain itu sudah dilengkapi dengan segel hologram, sehingga isinya lebih terjamin dan konsumen bisa langsung mengetahui apakah tabung elpiji tersebut asli atau tidak.

Salah satu pelanggan Kedai Kopi Savasana, Yanto W mengaku hampir tiap pagi sarapan di kedai yang buka mulai pukul07.00 WIB itu karena harga terjangkau dan rasanya pas di lidah.

Sales Area Manager Branch Riau, Henry Eko Yullanto, mengatakan Pertamina berterima kasih Kedai Kopi Savasana yang telah menggunakan produk berkualitas bright gas. Kesadaran UMKM ini perlu ditiru oleh usaha serupa lainnya, ataupun restoran-restoran lain yang ada di Indonesia.

"Berkat loyalitasnya, Pertamina memberikan apresiasi dengan membuat merek branding Kedai Kopi Savasana seperti papan nama toko, seragam karyawan, kotak tisu, dan lainnya," kata Eko.

Eko menambahkan kesadaran Kedai Kopi Savasana untuk menggunakan Elpiji berkualitas tidak terlepas dari pemerintah setempat bersama Pertamina dan Hiswana Migas yang giat mensosialisasikan penggunaan elpiji non- subsidi seperti bright gas untuk pengusaha kuliner di Pekanbarum

Ia juga tidak lupa menghimbau agar pelaku usaha kuliner dan juga masyarakat mampu, untuk menggunakan elplji berkualitas sepertl bright gas. Hal ini untuk mendukung pemerintah dan Pertamina dapat menyalurkanelpiji tepat sasaran kepada masyarakat yang berhak.