Harga Daging Sapi Di Dumai Melaju Naik

id harga daging, sapi di, dumai melaju naik

Dumai, 24/7 (ANTARA) - Harga daging sapi di pasar-pasar tradisional Kota Dumai, Riau, terus melaju naik dari Rp65 ribu ke Rp70 ribu dan kini bertengger dikisaran Rp75 ribu per kilogram.

Pedagang di pasar tradisional Dock Dumai, Ahad, menguraikan kenaikan harga daging sapi disebabkan tingginya permintaan sementara pasokan terbatas.

"Kenaikan harga ini juga masih terbilang normal," kata Junaidi, pedagang daging di Pasar Dock.

Para pedagang memperkirakan kenaikan harga daging sapi akan terus terjadi hingga memasuki Ramadhan dan jelang Lebakaran Idul Fitri 1432 Hijriah mendatang.

"Jelang Lebaran nanti kemungkinan harganya akan mencapai Rp100 ribu per kilogram (kg)," kata Saleh, pedagang daging di Pasar Pulau Payung Dumai.

Penelusuran ANTARA, selain daging sapi kenaikan harga juga terjadi pada daging ayam potong yakni dari Rp21 ribu menjadi Rp26 ribu/kg.

Begitu juga dengan daging ayam kampung dari Rp40 ribu kini bergeser menjadi Rp45 ribu/kg dan daging itik Rp32 ribu-Rp35 ribu/kg.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Investasi (Disperindagin) Dumai, H Djamalus mengatakan kenaikan harga berbagai macam daging tersebut masih terbilang wajar.

"Jika kenaikan harga sudah melampaui batas kewajaran atau mencapai lebih 50 persen dari harga normal, maka kita akan bersiasat untuk menggelar operasi pasar bersama dengan berbagai jenis bahan kebutuhan pokok lainnya termasuk beras," ujarnya.

Djamalus beranggapan, kenaikan harga daging di wilayahnya disebabkan pasokan yang terbatas sementara permintaan meningkat jelang Ramadhan tahun ini.

"Biasanya untuk menghindari kenaikan harga yang keterlaluan, kita akan meminta pihak distributor untuk menambah pasokan daging khususnya daging sapi," kata Djamalus.