Waspada Covid-19, PT RAPP Ambil Langkah Antisipasi

id rapp,covid-19,riau,pelalawan,cegah covid-19

Waspada Covid-19, PT RAPP Ambil Langkah Antisipasi

Para karyawan melewati ruangan thermal scanner sebelum memasuki kawasan pabrik PT RAPP

Pangkalan Kerinci (ANTARA) - Manajemen PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) menghimbau seluruh karyawan, keluarga dan mitra kerja (kontraktor/ vendor) terkait peningkatan status kewaspadaan Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Hal ini menindaklanjuti status darurat bencana nasional non-alam dari Pemerintah Republik Indonesia dan peningkatan status Covid-19 menjadi pandemi global (very high risk) oleh Badan Kesehatan Dunia (World Health Organization-WHO) pada 11 Maret 2020 lalu.

Direktur RAPP, Mhd Ali Shabri mengatakan himbauan ini merupakan bentuk kewaspadaan dan upaya pencegahab infeksi Corona virus di lingkungan kerja, perumahan karyawan maupun masyarakat, sejalan dengan Surat Edaran Gubernur Riau dan Bupati Pelalawan.

"Himbauan ini harap menjadi perhatian bersama dan agar dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. Kami juga berharap agar warga Riau Kompleks menerapkan upaya deteksi, pencegahan, respon dan antisipasi munculnya kasus Covid-19," terang Ali.

Mendukung hal tersebut, perusahaan juga telah melakukan pemeriksaan dengan menggunakan thermal scanner di setiap pintu masuk kompleks perusahaan dan perumahan karyawan bagi setiap orang yang akan memasuki kawasan tanpa terkecuali.
Para karyawan melewati ruangan thermal scanner sebelum memasuki kawasan pabrik PT RAPP


“Kita juga menghimbau agar karyawan tidak melakukan perjalanan domestik dan internasional, baik untuk kepentingan dinas maupun pribadi, kemudian menghindari kegiatan yang melibatkan banyak orang,” jelasnya.

Selanjutnya, Ali meminta agar seluruh karyawan dan warga Riau Kompleks tidak panik dan membiasakan perilaku hidup bersih sehat di mulai dari diri sendiri, keluarga, dan di tempat kerja.

“Kebijakan ini berlaku mulai 17 hingga 31 Maret 2020, baik kepada seluruh karyawan, keluarga, dan kontraktor/ vendor,” ujarnya.

Karyawan dan keluarga diminta secara aktif melapor bila mengalami kontak langsung dengan orang yang telah menjadi suspect maupun positif Covid-19. Jika mereka sakit, sambung Ali, mereka diminta menjalankan self-quarantine atau mengisolasi diri di rumah sendiri hingga dinyatakan sehatboleh dokter.

“Kita terus melakukan sosialisasi kepada warga Riau Kompleks, dan menyediakan pembersih tangan di tempat kerja, absensi kartu tanpa sidik jari, serta menghindari kontak fisik di tempat kerja untuk sementara waktu,” jelas Ali.

“Mari kita tetap tenang, jaga kesehatan dan kebersihan, serta senantiasa berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar kondisi segera membaik,” pungkasnya. (rls)