Bupati Rokan Hilir ancam proses hukum jika warga kedapatan bakar lahan

id Karhutla,bupati rohil, karhutla rohil, waspada karhutla

Bupati Rokan Hilir ancam proses hukum jika warga kedapatan bakar lahan

Bupati Rokan Hilir, Suyatno saat membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Jalan Bulan Ujung, Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko, Minggu (1/3/2020). (ANTARA/Dedi)

Rokan Hilir (ANTARA) - Bupati Kabupaten Rokan Hilir Suyatno turut membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di Jalan Bulan Ujung, Kelurahan Bagan Hulu, Kecamatan Bangko pada Minggu (1/3).

"Harapan saya kepada masyarakat pemilik kebun jangan lagi membakar hutan dan lahan," kata Suyatno.

Bupati menyebutkan soal imbauan, baliho dan lain sebagainya itu sudah sering dilakukan pengumuman-pengumuman.

"Tetapi ya masyarakat ada saja yang pada saat kita lengah dia membakar. Ini yang perlu kita ingatkan kembali kepada masyarakat. Nah risiko-risiko daripada akibat membakar lahan itu ya proses hukum bilamana ini kedapatan," katanya.

Bupati saat meninjau sekaligus ikut membantu memadamkan kebakaran lahan di Jalan Bulan Ujung kala itu bersama Dandim 0321/Rokan Hilir Letkol Arh Agung Rakhman Wahyudi, Wakil Ketua DPRD Basiran Nur Efendi, Kapolsek Bangko Kompol Sasli Rais dan Camat Bangko Rijalul Fikri.

Suyatno pun memberikan apresiasi yang luar biasa kepada aparat TNI, Polri, Manggala Agni, BPBD, perusahaan-perusahaan yang ada ikut bersama-sama menangani kebakaran hutan dan lahan.

"Jadi tim yang bergerak ini sangat luar biasa. Sekali lagi saya memberikan apresiasi, terima kasih. Untuk luas lahan yang terbakar itu lebih kurang tiga hektare.Pelakunya sudah ditangkap dan sekarang dalam proses hukum ditangani oleh Polsek Bangko," kata Bupati.

Selain di Jalan Bulan Ujung, Kecamatan Bangko lokasi kebakaran hutan dan lahan juga terjadi di daerah Mumugo, Kecamatan Tanah Putih.

"Jadi tim kita bagi hari ini. Saya sudah koordinasi dengan camat, baik itu Camat Tanah Putih maupun Camat Tanah Putih Tanjung Melawan mereka sudah menurunkan tim ke lokasi bersama TNI, Polri disana. Di Rokan Hilir hanya dua titik saja, Mumugo dan Bangko sendiri," demikian Suyatno.

Baca juga: Pengurus PBVSI Rokan Hilir dikukuhkan, Rohil harus nomor satu

Baca juga: Jaksa jebloskan anak Bupati Rohil tersangka penganiayaan ke tahanan