Pertahankan Proper Emas, Pertamina Sungai Pakning raih peringkat 2 terbaik

id pertamina,Pertamina sungai pakning, proper emas

Pertahankan Proper Emas, Pertamina Sungai Pakning raih peringkat 2 terbaik

Direktur Pengolahan Budi Santoso Syarief bersama Manager Engineering Development RU II menerima penghargaan Proper Emas dan Hijau dari Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan.(Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - PT Pertamina (Persero) Refinery Unit (RU) II kembali memperoleh penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dalam pengelolaan lingkungan yang diserahkan langsung oleh Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya di Istana Wakil Presiden, Rabu (8/1).

Untuk ProperEmas kembali diraih untuk kedua kalinya oleh kilang Pertamina RU II Sungai Pakning Kabupaten Bengkalis dan ProperHijau diraih oleh kilang Pertamina Dumai Riau.

“Bagi kami Proper bukan hanya penghargaan yang disematkan kepada perusahaan, tetapi juga kepada masyarakat yang terlibat dalam program CSR dan berhasil menunjukkan peningkatan kualitas lingkungan dan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan,” ujar General Manager Pertamina RU II M. Dharmariza.

Dikatakannya, Proper yang diprakarsai oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai bentuk apresiasi atas kinerja perusahaan yang telah memenuhi ketaatan terhadap lingkungan dan berkontribusi lebih kepada masyarakat melalui program Community Development atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Selain itu Proper juga menuntut adanya inovasi unggulan baru yang dilahirkan setiap tahunnya, baik di dalam perusahaan maupun pemberdayaan masyarakat.

“Beberapa inovasi yang kami unggulkan adalah mitigasi karhutla berbasis masyarakat melalui pemberdayaan Masyarakat Peduli Api (MPA) dan pertanian nanas zero waste terintegrasi,pemanfaatan daun nanas menjadi produk kerajinan tangan, budi daya ikan nila air payau menggunakan sistem perairan pasang surut air laut, hingga kurikulum Cinta Gambut Digital yang diimplementasikan di sekolah-sekolah dasar tingkat Kabupaten Bengkalis,” imbuh Dharmariza.

Dari 2.024 perusahaan yang menjadi peserta PROPER hanya 26 perusahaan yang berhasil menyabet predikat Emas sementara 174 perusahaan meraih predikat Hijau.

“Tidak hanya mendapat predikat Emas, kilang Sungai Pakning juga bertengger di peringkat 2 dari seluruh peserta yang ada, itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri,” ujar Dharmariza.

Dharmariza menambahkan ini merupakan predikat Emas kedua kali berturut-turut untuk Sungai Pakning. Sementara untuk Dumai, tahun ini merupakan predikat Hijau ketujuh secara beruntun sejak 2012.

“Pertamina RU II akan terus konsisten dalam menjalankan kinerja pengelolaan lingkungan yang baik dari tahun ke tahun, bahkan meningkat. Hal ini tentu tidak mudah tapi akan terus kami upayakan,” tutupnya.

Sejumlah Direksi PT Pertamina (Persero) turut hadir dalam ajang penganugerahan tersebut, termasuk Direktur Utama Nicke Widyawati yang menerima penghargaan untuk Sungai Pakning.

Baca juga: Pertamina mulai salurkan Biodisel di Riau. Ini tiga Fuel terminalnya

Baca juga: Pengamat: Harga BBM di Riau masih tinggi dibanding daerah lain


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar