Komisi IV DPR sebut Manggala Agni pahlawan pemadam karhutla, ini sebabnya

id manggala agni,hari pahlawan,pahlawan lingkungan,komisi IV DPR RI,karhutla,berita riau antara,berita riau terbaru

Komisi IV DPR sebut Manggala Agni pahlawan pemadam karhutla, ini sebabnya

Sejumlah personel Manggala Agni berjibaku di tengah asap pekat kebakaran lahan gambut di Rimbo Panjang Kabupaten Kampar, Riau, Selasa (17/9/2019). ANTARA FOTO/FB Anggoro/19.

Pekanbaru (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi IV DPR Budisatrio Djiwandono menyebut Manggala Agni, pemadam kebakaran dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sebagai pahlawan yang tidak kenal waktu berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Indonesia.

Di sela kunjungan kerja rombongan Komisi IV DPR RI ke lokasi bekas kebakaran lahan gambut di Rimbo Panjang, Kabupaten Kampar, Riau, Kamis, Budisatrio sempat berdialog dengan personel Manggala Agni.

Ia menyatakan Manggala Agni layak disebut pahlawan karena berada paling depan padamkan api, dan bisa bertugas sampai 24 jam untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Riau selama dua bulan lebih.

"Mereka adalah pahlawan-pahlawan yang tidak setiap hari (kita) ketemu, atau membaca beritanya. Mereka yang selama 24 jam, lebih dari dua setengah bulan di depan memadamkan api-api ini. Mereka ini saya doakan kesehatan mereka terus terjaga, karena mereka yang terdepan memadamkan api," kata Budisatrio.

Baca juga: Puluhan anggota Manggala Agni upacara HUT RI di lokasi Karhutla

Kerja Manggala Agni dinilainya penuh risiko bukan hanya dari panasnya api semata, karena asap dari kebakaran lahan gambut mengandung racun yang berbahaya bagi makhluk hidup.

"Saya tak bisa bayangkan asap karbon dan semua racun yang masuk ke tubuh bisa mereka hadapi. Jadi mereka ini butuh perhatian khusus," kata politisi Partai Gerindra ini.

Baca juga: Hujan guyur Siak, Manggala Agni tetap lakukan pemadaman

Ia menyatakan Komisi IV DPR RI akan memberi perhatian lebih pada Manggala Agni dari segi penganggaran di KLHK.

"Saya rasa kawan-kawan Komisi IV DPR RI akan berkomitmen juga dari segi anggaran. Kita akan coba perjuangkan anggaran lebih untuk KLHK," katanya.

Selain itu, ia mengatakan pihaknya juga akan mendorong perusahaan-perusahaan swasta untuk menyalurkan dana tanggung jawab sosial atau CSR untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Baca juga: Kisah Manggala Agni Menapak Sampai ke Batas Negeri