Pimpinan DPRD Riau periode 2019-2024 resmi dilantik

id DPRD Riau,pelantikan ketua dprd riau

Pimpinan DPRD Riau periode 2019-2024 resmi dilantik

Paripurna pengambilan sumpah janji dan jabatan Pimpinan DPRD Riau periode 2019-2024, Senin. (ANTARA/Diana Syafni)

Pekanbaru (ANTARA) - Pimpinan DPRD Provinsi Riau masa jabatan 2019-2024 resmi dilantik dalam sidang paripurna pengucapan sumpah dan janji jabatan, Senin.

Empat pimpinan yang dilantik ini yakni Ketua DPRD Riau Indra Gunawan Eet dari Golkar, sementara itu Wakil Ketua DPRD Riau, Zukri Misran dari PDI Perjuangan, Asri Auzar dari Demokrat serta Hardianto dari Gerindra.

Pengambilan sumpah dan janji jabatan yangdipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi Riau, dan berjalan dengan khidmat. Sementara itu, rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Riau Sememtara, Sukarmis.

Gubernur Riau Syamsuar memberikan sambutan. (Riau.antaranews/Diana Syafni)
Sukarmis menyebutkan selama diamanahkan sebagai pimpinan DPRD Riau sementara. Dirinya mengaku telah merampungkan tugasnya diantaranya memfasilitasi pembentukan fraksi, dan pembentukan tata tertib dewan.

"Jika selama menjadi pimpinan sementara belum dapat penuhi keinginan semua pihak, kami minta maaf, masih banyak yang bisa kita benahi bersama," kata Sukarmis.

Indra Gunawan Eet dalam sambutannya mengatakan, pihaknya akan segera menyelesaikan tugas dan kewajibannya sebagai wakil rakyat, termasuk membahas Ranperda APBD 2020 yang batas akhirnya hanya satu bulan lagi.

"Pembentukan alat kelengkapan dewan (AKD) seperti Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Kehormatan (BK), Badan Legislasi (Banleg) dan komisi akan digesa. Sebab, masih ada ranperda APBD 2020 yang telah menunggu. Sempitnya waktu yang tersisa akan kami gunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas ini," kata Eet.

Ketua DPRD Riau Indera Gunawan Eet memberikan sambutan (Riau.antaranews/Diana Syafni)
Sementara itu, Gubernur Riau Syamsuar yang hadir dalam pengucapan sumpah/janji pimpinan DPRD Riau periode 2019-2024 pun mengucapkan selamat bertugas. Dirinya berharapagar pimpinan yang baru mampu meningkatkan komunikasi yang baik antara legislatif dan eksekutif.

"Kami berharap agar pimpinan DPRD Riau mampu melaksanakan fungsi-fungsinya, dan dapat membangun komunikasi yang baik sehingga bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat. Atas nama pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau ucapkan selamat bekerja," ujar Gubri.

Sebagai informasi pelantikan pimpinan DPRD Riau yang dimulai pukul 10.00 WIB digelar di lantai dua gedung DPRD Riau.

Suasana di sekitar gedung DPRD Riau dijaga ketat oleh petugas kepolisian. Ratusan personil kepolisian dan Satpol Pamong Praja Riau sudah bersiaga di sekitar gedung.

Foto bersama usai Paripurna Pelantikan Pimpinan DPRD Riau (Riau.antaranews/Diana Syafni)


Begitu juga di lantai dua menuju ke ruang pelantikan. Sejumlah petugas keamanan juga bersiaga di lokasi. Bahkan di pintu masuk ruang pelantikan tampak ada pemeriksaan yang cukup ketat. Seluruh barang bawaan tamu satu per satu diperiksa. Petugas juga mengecek setiap tamu yang akan masuk ke ruang pelantikan dengan metal detector.

Baca juga: Belum lama dilantik, ada anggota DPRD Riau gadaikan SK

Baca juga: PKS bantah incar posisi ketua komisi di DPRD Riau


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar