VIDEO - SAR evakuasi enam kru KM Hamisa Jaya yang tenggelam ke Dumai

id basarnas, ksop dumai,sar dumai,kapal tenggelam,KM Hamisa Jaya tenggelam,berita riau antara,berita riau terbaru

VIDEO - SAR evakuasi enam kru KM Hamisa Jaya yang tenggelam ke Dumai

Tim SAR mengevakuasi penumpang KM Hamisa Jaya ke Pelabuhan Dumai, Riau, Kamis (5/9/2019). (ANTARA/Abdul Razak)

Dumai (ANTARA) - Tim gabungan Badan Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Polisi Air dan SyahbandarKota Dumaimengevakuasi enam orang awak Kapal Motor Hamisa Jaya yang tenggelam di Perairan Selat KarimataProvinsi Bangka Belitung, ke pelabuhan Kota Dumai, Riau, Kamis.

KM Hamisa Jaya GT 30 diawaki enam kru pengangkut buah buahan dilaporkan tenggelam di Perairan Selat Karimata atau 35 Mil Utara dari Belitung, diduga kapal mengalami kebocoran, dan seluruh kru bersama nakhoda berhasil dijemput tim gabungan.

Enam orang korban KM Hamisa Jaya, yakni, Nakhoda Samsudi (48) dan kru kapal Irwanto (19), Hariyadi (33) Abdul Luhung (58), Ferdianyto (40) Ilyas (33).

Kapten Kapal Negara (KN) 218 Basarnas Pekanbaru Leni Tadika menjelaskan, kapal tenggelam pada Minggu (2/9) sekitar pukul 10.00 Wib pagi, saat itu KM Hamisa Jaya berlayar dengan rute dari Pontianak ke Tanjung Pandan.

Kejadian kapal karam dan akhir nya tenggelam ini setelah diketahui, kemudian tim gabungan langsung berkoordinasi untuk menjemput awak kapal ke dermaga terdekat.

"Setelah dapat informasi, kita langsung bergerak untuk menjemput kru kapal yang sudah diselamatkan sebuah kapal tanker dan kemudian dibawa ke dermaga lokal di Dumai," sebutnya.

Seluruh korban ditemukan dalam keadaan selamat dan saat ini sedang ditangani lebih lanjut. KM Hamisa Jaya GT 30 saat kejadian pertama kali ditemukan dan diselamatkan oleh KM Seroja yang kebetulan melintas di sekitar lokasi tenggelam.

KM Seroja XV berlayar dari Sampit Kalimantan Tengah menuju Perairan Pelintung Kota Dumai, setelah menyelamatkan korban kapal, langsung melapor ke Syahbandar.

"Enam kru kapal ini ditemukan pada Senin (2/9) sekitar pukul 10.00 Wib, saat itu mereka terombang ambing di laut karena kapalnya karam," kata Kapten KM Seroja XV Handoko kepada pers.

Kasi Penjagaan, Patroli dan Penyidik KSOP Dumai Herry Purba mengatakan, setelah dievakuasi, langsung mengambil tindakan pendataan terhadap seluruh kru yang selamat, dan pemeriksaan kesehatan.

"Kondisi semua kru dalam keadaan aman berdasarkan pemeriksaan tim kesehatan pelabuhan," kata Herry pada wartawan.

Baca juga: SAR latihan evakuasi kapal terbakar di Perairan Dumai

Baca juga: Rakornis SAR di Dumai Diharap Tingkatkan Sinergi Semua Pihak




Pewarta :
Editor: Febrianto Budi Anggoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar