DPR puji dan apresiasi kinerja Garuda Triwulan I 2019

id Berita hari ini, berita riau terkini, berita riau antara,DPR puji dan apresiasi kinerja Garuda

DPR puji dan apresiasi kinerja Garuda Triwulan I 2019

Pesawat jenis boeing milik Garuda Indonesia lepas landas di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, beberapa waktu lalu. (ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aa)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Komisi VI DPR Azam Azman, memuji kinerja PT Garuda Indonesia Tbk yang mencetak keuntungan pada Kuartal 1-2019 sebesar USD 19,73 juta dolar AS atau naik dari periode sama sebelumnya yang 64,27 juta dolar AS.

"Harus kita hormati restatement laporan keuangan Garuda Indonesia, apalagi cetak keuntungan sebesar itu. Saya yakin sudah diaudit dan tidak ada rekayasa," kata Azam dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Garuda tambah jadwal penerbangan menjelang SAIK 2019

Pada Jumat (26/7), Garuda Indonesia mengumumkan restatement (penyajian ulang) laporan keuangan 2018 dan Kuartal 1 2019 sebagai bagian dari komitmen perusahaan mendukung pelaksanaan Good Corporate Governance.

Penyajian ulang laporan itu merespons keputusan Kementerian Keuangan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Azam menyampaikan, Garuda Indonesia terus menunjukkan perbaikan kinerja di bawah kepemimpinan Ari Askhara selaku Direktur Utama. Menurut dia, keuntungan pada Kuartal 1 yang setara Rp280 miliar itu harus melecut kinerja Garuda Indonesia dalam meningkatkan layanan pada masyarakat.

"Semoga keuntungan ini menambah semangat Garuda Indonesia meningkatkan layanan pada penumpang," ujarnya.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Garuda Indonesia Fuad Rizal menyampaikan, dalam meyajikan restatement laporan laba rugi periode buku 2018 dan Kuartal 1 2019, Garuda Indonesia sudah melakukan korespondensi dengan OJK, BPK dan serta melibatkan para ahli dalam bidang akuntansi, auditing dan legal.

"Untuk memastikan laporan tersebut sesuai aturan dan penerapan standar akuntansi serta auditing," ujar Fuad.

Lebih lanjut Fuad menegaskan bahwa dengan penyajian ulang laporan keuangan ini tidak ada rasio-rasio yang dilanggar karena penyajian kembali laporan keuangan ini disebabkan karena adanya miss intepretation dalam menerapkan standar akuntansi keuangan dan setelah kami sajikan kembali, kami tetap memperoleh dan pendapat "Wajar Tanpa Modifikasian".

"Dengan pertumbuhan positif maskapai di Kuartal 1-2019 tersebut, Garuda Indonesia optimistis tren kinerja maskapai kejdepannya akan terus tumbuh positif," kata Fuad.

Baca juga: Garuda bantah tiket pesawat Bandung-Medan Rp21 juta

Baca juga: Garuda Indonesia kembali berhasil pertahankan capaian "OTP" terbaik dunia


Pewarta: Juwita Trisna Rahayu