Dirut PTPN V tepuk tepung Tawari 199 jemaah calon haji

id PTPN V, jemaah haji, sawit, petani sawit, Riau

Direktur Utama PTPN V Jatmiko K Santosa melakukan tepuk tepung tawar kepada 199 karyawan dan petani plasma PTPN V yang akan menunaikan ibadah haji 2019. (Humas PTPN V)

Pekanbaru (ANTARA) - Direktur Utama PTPN V Jatmiko K Santosa menepuk tepung tawari 199 karyawan dan petani plasma PTPN V yang akan menunaikan ibadah di Tanah Suci Mekah tahun ini.

Suasana haru berlangsung selama kegiatan tepuk tepung tawar yang merupakan salah satu upacara adat untuk memanjatkan doa dalam budaya Melayu tersebut di Gedung Serba Guna Kantor Pusat PTPN V, Jalan Rambutan, Kota Pekanbaru, Selasa.

Tidak sedikit jemaah yang terlihat meneteskan air mata haru saat kalimat adzan dan pembacaaan talbiyah dikumandang.

Dalam sambutannya,Jatmiko mengucapkan selamat kepada JCH dan menyampaikan harapan agar JCH PTPN V dapat menjaga kesehatan baik sebelum dan saat berada di Tanah Suci.

“Kegiatan ini merupakan wujud rasa syukur sekaligus apresiasi Manajemen kepada JCH yang berasal dari keluarga besar PTPN V," kata Jatmiko.

Ia berpesan kepada jemaah untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah di tanah suci. "Berbeda negara berbeda iklim pasti memberikan pengaruh. Maka jagalah kesehatan dan jaga diri untuk dapat beribadah semaksimal mungkin," ujarnya.

“Kami juga menitip doa, semoga PTPN V yang kita cintai ini dapat berkelanjutan, tumbuh berkembang dan senantiasa memberi manfaat," lanjut Jatmiko.

Dalam acara tersebut, perusahaan perkebunan sawit dan karet terbesar milik negara di Bumi Lancang Kuning itu turut menyerahkan bingkisan kepada seluruh jemaah calon haji berupa pakaian muslim hingga mukena.

199 jemaah tersebut terdiri dari 38 karyawan beserta batih, 156 orang petani plasma dan keluarganya, serta 5 JCH yang merupakan pensiunan Perusahaan perkebunan negara di Provinsi Riau tersebut.

Perwakilan jemaah calon haji Ampon Syafari dalam sambutannya menyampaikan rasa haru dan ucapan terimakasih JCH kepada Perusahaan yang telah mengadakan hajatan ini. Dia juga mewakili seluruh jemaah calon haji meminta maaf atas silapdan salah. “Kami memohon maaf untuk kesalahan yang diperbuat selama ini, doakan kami untuk menjadi haji mabrur," pintanya.

Tepung tawar yang juga dihadiri oleh Direktur Komersil M Arwin Nasution, Jajaran GM dan Kabag, karyawan, pengurus majelis ta’lim kebun/ pks, serta IKBI PTPN V juga diisi dengan tausiyah yang disampaikan oleh Ustadz Drs H Mashuri Efendi MA. Dia berpesan kepada jemaah untuk meluruskan niat.

“Niat harus ikhlas, sebab sekecil apapun yang dikerjakan jika dilandasi keikhlasan maka akan bernilai di sisi Allah," ujarnya.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar