Menag RI Terima Bantuan Donasi Rp700 Juta Untuk Korban Gempa Palu

id menag ri, terima bantuan, donasi rp700, juta untuk, korban gempa palu

Menag RI Terima Bantuan Donasi Rp700 Juta Untuk Korban Gempa Palu

Ilustrasi_Bantuan Korban Bencana

Pekanbaru,(Antarariau.com) - Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin menerima Rp700 juta lebih donasi untuk gempa Palu, Sigi dan Donggala dari Kemenag Riau dan jajarannya, di Pekanbaru.

"Saya sangat bersyukur menerima donasi Rp700 juta itu dari pelaksana tugas Kakanwil Kemenag Riau, untuk selanjutnya donasi ini akan disalurkan ke saudara-saudara kita yang terkena musibah di Palu, Donggola, Sigi dan beberapa bagian lainnya di Sulawesi Tengah,"kata Menag RI Lukman Hakim Saifuddin, di Pekanbaru, Senin.

Menag RI Lukman Hakim Saifuddin hadir di Pekanbaru pada acara peresmian menegerikan 48 Madrasah se Indonesia dan peluncuran operasional ruang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kemenag Riau.

Menurut Menag RI Lukman Hakim Saifuddin, mudah-mudahan bantuan yng berasal dari sadakah masyarakat Riau ini dapat berkah karena para korban gempa di Sulteng masih membutuhkan uluran tangan kita bersama.

Bantuan sebesar Rp700 juta lebih itu, katanya lagi, akan segera disalurkan dan semoga donasi yang dihimpun dari seluruh ASN di lingkungan Kementerian Agama Riau menjadi berkah buat saudara kita yang ditimpa bencana alam itu.

Plt Kakanwil Kemenag Riau H. Mahyudin mengatakan, dana tanggap daruat Palu dan sekitarnya tersebut merupakan hasil penggalangan dana semua jajaran dan unit kerja Kemenag Riau, mulai dari unit terkecilhingga terbesar, dari ASN Kemenag se-Riau, KUA, madrasah, Pondok Pesantren, dan masyarakat.

"Bantuan gempa Palu dan sekitarnya telah kita salurkan melalui rekening tanggap Darurat Kemenag RI, dan Alhamdulillah tadi telah kita serahkan secara resmi ke bapak Menteri Agama RI, semoga ini bisa membantu saudara-saudara kita yang tertimpa musibah di Palu dan sekitarnya itu,"katanya.

Ia menambahkan, bantuan kemanusian tanggap darurat Palu dan sekitarnya dari Kanwil Kemenag Riau telah dilakukan dalam dua tahap, tahap pertama telah disalurkan sebesar Rp379.764.000 dan tahap dua sebesar Rp321.031.000, total tahap satu dan dua mencapai Rp700.777.000, dan saat ini sedang berlangsung penggalangan tahap tiga berupa dana dan barang yang akan dikirimkan ke Palu.

"Penggalangan dana tahap tiga saat ini sedang berlangsung, karena masih ada beberapa daerah yang belum menyampaikan ke Kanwil Kemenag Riau hasil penggalangannya. Untuk itu kita masih menunggu hingga awal November 2019 untuk dapat disalurkan secara penuh,"katanya.