Pemkab Rohul Jamin Hafizh Quran Jadi Pegawai

id pemkab rohul, jamin hafizh, quran jadi pegawai

Pasir Pengaraian, 27/7 (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Riau, memberikan jaminan bagi putera daerah yang hapal (hafizh) Al Quran dapat menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di daerah itu.

Seleksi untuk merekrut putera daerah yang hafizh Al Quran dilakukan di Kantor Bupati di Pasir Pengaraiyan, Selasa. Dalam seleksi yang baru pertama kali diadakan itu diikuti enam orang calon PNS.

Keenam hafizh tersebut diseleksi oleh Murtadho Habibi LC, yang merupakan Imam Masjid Al Ittihad Rumbai, Pekanbaru dan juga merupakan alumni Fakultas Al Quran Universitas Islam Almadinah Almunawwaroh.

Bupati Rohul Achmad, mengatakan bagi putera daerah Rokan Hulu yang hafiz Al Quran 10 Juz, 15 Juz, 20 Juz dan 30 Juz akan diterima sebagai pegawai di Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu.

"Namun tentunya harus ada seleksi hafizh yang berdasarkan syariat Islam serta bisa dipertanggungjawabkan," ujar Bupati Achmad.

Ia mengatakan, dengan seleksi hafizh Al Quran yang dilaksanakan diharapkan bisa mendapatkan hafizh yang sesuai syariat Islam untuk diangkat jadi pegawai, yang nantinya mereka akan ditempatkan di kawasan Islamic Centre, sehingga diharapkan menjadi jantungnya kegiatan Islam di Rohul.

Menurut dia, untuk mewujudkan Rohul menjadi jantungnya kegiatan Islam di Provinsi Riau, saat ini memang masih menjadi mimpi, tetapi bila tidak dimimpikan maka tidak akan terwujud, karena terwujudnya niat itu diawali dari mimpi.

"Kita awali dengan mimpi sehingga bisa diwujudkan Kabupaten Rohul menjadi yang terbaik di Riau pada tahun 2016 mendatang, dimana nantinya melalui penataan yang baik, kawasan Islamic Centre bisa memberi warna dan khas", katanya.

Bupati mengatakan, melalui seleksi tersebut, nantinya hafizh yang dinyatakan lulus seleksi akan diangkat jadi pegawai yang prosesnya melalui Badan Kepegawaian Rokan Hulu.

"Namun bila nantinya hafizh dan hafizah tidak lolos, supaya tidak kecewa, kita harapkan bagi yang tidak lolos, agar bisa memperdalam ilmu agamanya dan hafizh Al Quran sesuai syariat Islam", tegas Achmad.

Sementara itu ke enam hafizh Al Quran yang mengikuti seleksi itu adalah Afrizal hafizh 20 juz, M Ali Rosyad Hafizh 30 Juz, Khoiril Umam hafizh 10 Juz, M. Munzironi hafizh 15 Juz, Samingun hafizh 30 Juz dan Emyl Luthfiyah Hafiz 10 Juz.