Seberangkan 184 Calon Jamaah Haji ke Embarkasi Batam, Pemko Dumai Siapkan 1 Kapal

id seberangkan 184, calon jamaah, haji ke, embarkasi batam, pemko dumai, siapkan 1 kapal

Seberangkan 184 Calon Jamaah Haji ke Embarkasi Batam, Pemko Dumai Siapkan 1 Kapal

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Pemerintah Kota Dumai Riau menyiapkan satu kapal fery penumpang untuk keberangkatan sebanyak 184 calon jemaah haji menuju Embarkasi Haji Batam Kepulauan Riau melalui Terminal Feri Pelabuhan Pelindo Dumai.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setdako Dumai Amiruddin di Dumai, Sabtu, mengatakan, penyediaan satu unit kapal fery ini merupakan bentuk dukungan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan ibadah haji 2019 agar sukses dan lancar.

"Pemerintah dumai tiap tahun gratiskan biaya keberangkatan calon jemaah haji menuju embarkasi batam melalui jalur laut, agar penyelenggaraan musim haji berjalan lancar," kata Amiruddin.

Disebutkan, tiap calon haji Dumai masuk Kelompok Terbang 9 Embarkasi Batam ini juga dianggarkan Rp183 ribu untuk biaya konsumsi dan transportasi selama berada di Batam sebelum terbang ke Madinah Arab Saudi.

Sebelum memulai perjalanan haji, Pemerintah Kota Dumai rencanakan seremoni pelepasan calon jemaah dengan prosesi adat budaya Melayu di Gedung Daerah Pendopo Sri Bunga Tanjung pada 23 Juli 2018.

"Wali kota bersama rombongan akan mengantar calon jemaah ke asrama haji sekaligus melepas keberangkatan ke madinah di bandara hang nadim batam," sebutnya.

Kepala Kementerian Agama Kota Dumai Syafwan menilai dukungan pemerintah dalam penyelenggaraan ibadah haji sangat membantu dan memudahkan calon jemaah serta panitia jelang keberangkatan ke tanah suci Makkah.

Jemaah haji Dumai direncanakan berangkat ke Embarkasi Batam pada 27 Juli 2018, dan tergabung dalam Kloter 9 bersama jemaah dari Kabupaten Kuantan Singingi dan Kota Pekanbaru.

"Jumlah jemaah berangkat tahun ini menurun berdasarkan kuota, dan beberapa tahapan sudah berjalan, hingga jelang keberangkatan diharap tidak ada kendala berkat dukungan pemerintah," kata Syafwan.

Saat ini penyelenggaraan haji 2019 di Dumai masuk tahap manasik haji tingkat kota diadakan di Masjid Al Muhajirin di komplek perumahan Pertamina RU II Dumai, dengan pembekalan teori dan praktek ibadah. ***4***