Komunitas Genbi Didik Anak Putus Sekolah Pekanbaru Untuk Ujian Pendidikan Nonformal

id komunitas, genbi didik, anak putus, sekolah pekanbaru, untuk ujian, pendidikan nonformal

 Komunitas Genbi Didik Anak Putus Sekolah Pekanbaru Untuk Ujian Pendidikan Nonformal

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komunitas Generasi Baru Indonesia atau Genbi membuka rumah belajar untuk memfasilitasi anak putus sekolah untuk bisa melanjutkan pendidikan secara nonformal di Kota Pekanbaru, Riau.

Saat ini ada tujuh anak yang aktif belajar setiap hari. , kata Ketua Genbi Riau, Rendi Pratama Putra di Pekanbaru, Selasa.

Tempat yang diberi nama Rumah Bestari (Belajar Setiap Hari) Bersama Genbi itu berlokasi di Jl. Kutilang Sakti Panam, Kota Pekanbaru. Tempat tersebut baru diresmikan pada 4 Mei 2018.

Anak didik di Rumah Bestari tidak dipungut biaya dan tidak diwajibkan memakai baju seragam. Mereka belajar setiap hari dan tenaga pengajar berasal dari relawan Genbi, serta Yayasan Fatma Visi Sukses. Ada sekitar 20 relawan dari Divisi Pendidikan Genbi Riau yang ikut mengelola Rumah Bestari.

Anak-anak tersebut kini sedang mengikuti ujian semester genap. Empat orang diantaranya putus sekolah SD dan tiga lagi sekarang belajar untuk mendapat ijazah SMP

Anak-anak tersebut tinggal didaerah sekitar Panam yang datang dari keluarga tidak mampu. Orang tua mereka bekerja jadi pemulung. Karena faktor ekonomi, anak-anak itu terpaksa putus sekolah, katanya.

Komunitas Genbi merupakan kumpulan mahasiswa yang mendapat beasiswa dari Bank Indonesia (BI). BI Perwakilan Riau, lanjut Rendi, cukup banyak membantu operasional Rumah Bestari.

Respon dari orangtua anak-anak cukup mendukung karena yang paling sulit adalah mengubah pola pikir, katanya.

Ia mengatakan Genbi Riau pada tahun 2018 menargetkan bisa memfasilitasi 30 anak putus sekolah untuk mendapatkan ijazah Paket A, B dan C.

Kami juga berencana memberikan pendidikan kewirausahawan kepada anak-anak ini ke depannya, kata Rendi.