Ratusan Mahasiswa UR Antusias Ikuti Program "BUMN hadir di Kampus"

id ratusan mahasiswa ur antusias ikuti program bumn hadir di kampus

Ratusan Mahasiswa UR Antusias Ikuti Program "BUMN hadir di Kampus"

Pekanbaru (Antarariau.com) - Ratusan Mahasiswa Universitas Riau dari berbagai fakultas mengikuti program "BUMN hadir di Kampus" yang bertepatan dengan Peringatan Hari Sumpah Pemuda, diselenggarakan oleh PT Pelabuhan Indonesia I (Pelindo I) dan Perusahaan Umum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan (Perum LPPNPI/AirNav Indonesia), Sabtu.

Bertempat di Gedung Rektorat UR, Pekanbaru, Direktur Utama Pelindo I Bambang Eka Cahyana mengatakan ada 141 BUMN Indonesia membutuhkan tenaga ahli dan profesional sesuai dengan bisnis utama masing-masing untuk menunjang daya saing ditingkat global.

"BUMN butuh pekerja profesional dari adik-adik mahasiswa lulusan terbaik. Kalian generasi penerus harus cinta dan mampu menjaga BUMN. Saya yakin mahasiswa disini (UR) lima tahun ke depan bisa mengantikan kami, begitulah estafet kepemimimpinan," ujar Bambang Eka Cahyana disambut antusias ratusan mahasiswa yang hadir.

Setiap tahunnya, ujar Bambang, BUMN merekrut tenaga kerja profesional untuk magang ataupun bekerja di Perusahaan plat merah milik negara itu. Dengan menetapkan standar kualifikasi penjaringan karyawan yang memiliki etos kerja tinggi, kemudian juga calon pegawai turut diprioritaskan dari perguruan tinggi negeri.

"BUMN dikelola secara profesional sehingga adik-adik mahasiswa harus mempunyai kualifikasi untuk menjadi pegawai BUMN. Apa saja syarat berkarir disini, diantaranya syarat IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) minimal 3,25, terus juga ada persyaratan TOEFL minimal harus 500," ujarnya sambil memacu semangat Mahasiswa UR.

Bambang menaruh harapan besar terhadap Mahasiswa UR, agar mempunyai semangat belajar dan berpestrasi. Karena menurutnya dengan menetapkan standar penjaringan pegawai yang cukup selektif di BUMN akan memompa semangat mahasiswa untuk terus meningkatkan kompetensi diri.

"Dalam indeks pengembangan sumberdaya kita sebenarnya masih kalah dari luar. Untuk itu, Mahasiswa kalian harus menjadi mahasiswa terbaik," ujarnya pula.

Dijelaskannya, peran generasi muda bagi Indonesia akan semakin krusial dalam proses pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

Saat ini, Indonesia memiliki 40,8 persen angkatan kerja produktif dan diprediksi akan mencapai puncak keemasannya pada tahun 2030 mendatang.

"Pelindo I membutuhkan generasi emas ini sebagai motor utama peningkatan layanan kami agar dapat memenangkan persaingan di level internasional," tuturnya pula.

Sementara, Direktur Utama AirNav Indonesia, Novie Riyanto menambahkan BUMN Indonesia terus tumbuh pesat seiring dengan visi untuk menunjang pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Pada tahun 2016, pendapatan 141 perusahaan BUMN mencapai Rp1.802 triliun, di tahun berjalan 2017 ini telah meningkat menjadi Rp2.116 triliun," ujarnya.

Kegiatan tersebut disambut hangat oleh Rektor UR Prof. Dr. Aras Mulyadi DEA. Mahasiswa pun diuji pengetahuannya seputar BUMN. Hadiah mengiringi antusiasme mahasiswa UR dalam sesi tanya jawab.

Dalam kesempatan itu pula, kedua BUMN menyalurkan bantuan kepada UR dengan total bantuan sebesar Rp400 juta, kemudian dalam bentuk beasiswa untuk mahasiswa berpestrasi UR di berbagai bidang kejuaran, bantuan 100 bibit pohon turut disalurkan.