Tahukah Kamu Inilah 5 Pelukis Indonesia yang Karyanya Fenomenal

id tahukah kamu, inilah 5, pelukis indonesia, yang karyanya fenomenal

Tahukah Kamu Inilah 5 Pelukis Indonesia yang Karyanya Fenomenal

Jakarta, Antarariau.com - Lukisan merupakan salah satu media ekspresi. Dalam perkembangan sejarah banyak dihasilkan beberapa karya lukis yang memiliki nilai seni yang cukup tinggi. Dari Tanah Air sendiri banyak dikenal nama-nama pelukis yang memiliki karya yang sangat fenomenal. Berikut GoHitz rangkum 5 pelukis Indonesia dengankarya fenomenalnya.

Raden Saleh

Nama Raden Saleh tidak bisa dilewatkan begitu saja dari perkembangan seni lukis di Indonesia. Banyak karya lukisannya yang telah mendunia. Karya-karya Raden Saleh dengan gaya naturalisme, realisme, dan klasik ini banyak bercerita mengenai sejarah yang terjadi ketika zaman perjuangan. Beberapa karya fenomenalnya adalah lukisan berjudul Penangkapan Diponegoro, Berburu Singa, serta Antara Hidup dan Mati.

Affandi

Banyak karya-karya Affandi yang telah mendunia. Pelukis kelahiran Cirebon ini dikenal dengan gaya lukisan ekspresionisme dan romantisme. Sudah ribuan karya yang dihasilkan oleh Affandi dan mendapat pujian dari pengamat seni dalam dan luar negeri. Beberapa karya Affandi seperti lukisan berjudul Kandang Penyu, Wajah-wajah Putra Irian, dan Badai Pasti Berlalu.

Basoeki Abdullah

Maestro lukis Indonesia ini lahir di Surakarta pada tahun 1915. Basoeki Abdullah dikenal dengan gaya lukisan realis dan naturalis. Ketenaran Basoeki Abdullah tak hanya di dalam negeri tapi juga hingga ke Eropa. Beliau pernah mengharumkan nama Indonesia ketika memenangkan sayembara melukis pada penobatan Ratu Yuliana (Belanda) pada tahun 1948. Beberapa karya Basoeki Abdullah adalah Djoko Tarob, Balinese Beauty, dan Diponegoro in Battle.

Hendra Gunawan

Bakat melukis Hendra Gunawan telah muncul sejak duduk di bangku SD. Keseriusan Hendra Gunawan untuk mendalami seni lukis muncul setelah bertemu dengan Affandi. Pada masa revolusi, Hendra Gunawan juga sempat ikut dalam Poetra (Pusat Tenaga Rakyat). Dirinya terkenal dengan gaya lukisan espresionisme dan realisme. Beberapa karya yang terkenal adalah lukisan berjudul Panen Padi, Pengantin Revolusi, dan Perang Revolusi.

S. Soedjojono

Dikenal sebagai bapak seni rupa modern Indonesia. Pria bernama lengkap Sindoedarsono Soedjojono ini juga pernah menjadi pengjar di Taman Siswa milik Ki Hajar Dewantara. Namanya dikenal berkat karya lukisan yang banyak mengangkat tema perjuangan rakyat Indonesia pada masa kolonial. Karya-karya fenomenalnya adalah Kawan-kawan Revolusi, Pengungsi, dan Perjuangan Belum Selesai.