Ini 4 Tip Belanja Pintar dan Hemat di Akhir Pekan

id ini 4, tip belanja, pintar dan, hemat di, akhir pekan

Ini 4 Tip Belanja Pintar dan Hemat di Akhir Pekan

Jakarta, Antarariau.com – Berbelanja merupakan salah satu kegiatan yang bisa dipercaya menjadi terapi. Namun, belanja yang mengasyikkan tidak harus mahal. Simak tip berikut untuk belanja hemat dan pintar.

1. Cash vs kartu kredit

Dulu, Anda pasti sering disarankan untuk membawa uang cash dibanding kartu kredit. Membawa uang tunai merupakan cara termudah untuk menghindari membeli barang-barang yang tidak penting. Namun, untuk jaman sekarang, tidak selamanya uang cash selalu lebih hemat dibanding kartu kredit. Saat ini, banyak penyedia kartu yang menawarkan kemudahan dan diskon. Jadi, Anda harus bisa membedakan untuk membayar menggunakan cash atau kartu kredit. Gunakan uang cash untuk makan, kebutuhan rutin. Sementara gunakan kartu kredit untuk membeli tiket pesawat, tiket konser, transaksi di luar negeri, dan membeli barang-barang elektronik.

2. Makan sebelum belanja

Ketika Anda lapar, Anda akan lebih mudah terdistraksi dan membeli barang-barang yang tidak dibutuhkan. Jadi, isi perut dulu sebelum Anda memutuskan untuk berbelanja.

3. Kemasan besar vs kemasan kecil

Selama ini, membeli barang dalam ukuran besar dipercaya mampu menekan pengeluaran. Nyatanya, ukuran besar tidak selamanya lebih hemat karena secara psikologis, ukuran besar malah membuat orang lebih boros karena merasa kalau persediaan masih banyak.

4. Belanja sesuai persediaan

Produk yang dipakai rutin, seperti sabun, sampo, sabun cuci, atau pasta gigi sebaiknya dibeli setiap kali persediaan habis untuk menghindari barang menumpuk dan tidak terpakai. Prinsip yang sama diterapkan untuk bahan makanan segar, seperti daging, sayur, dan buah. Untuk bahan makanan kaleng atau tahan lama seperti beras disarankan untuk membeli per bulan.