Masyarakat Bengkalis Harapkan Program PNPM-MP Dilanjutkan

id masyarakat bengkalis, harapkan program, pnpm-mp dilanjutkan

Masyarakat Bengkalis Harapkan Program PNPM-MP Dilanjutkan

Bengkalis, (Antarariau.com) - Masyarakat Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau mengharapkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan (PNPM-MP) Integrasi yang dilaksanakan Pemerintah Pusat dilanjutkan kembali.

seorang warga Damon, indah (24) di Bengkalis, Selasa, mengatakan, selama ini program tersebut dirasakan masyarakat memberikan manfaat yang sangat besar, terutama dalam mempercepat keberhasilan pembangunan di desa.

"Saya ikut program menjahit dari PNPM perkotaan mandiri kelurahan Damon, jika program ini dihapuskan maka membuat sebagian masyarakat kecewa," katanya.

Bupati Bengkalis, Herlian Saleh mengatakan, ke depan Pemerintah Pusat memiliki program lain yang lebih baik untuk melaksanakan kesinambungan program pembangunan di desa.

"Pelaksanaan program PNPM-MP Integrasi di Kabupaten Bengkalis selama ini bermanfaat sekali, sangat membantu pemerintah dan masyarakat dalam mempercepat keberhasilan pembangunan desa di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini," katanya.

Oleh karena itu, katanya lagi, kunci sukses program PNPM-MP Integrasi ini akan diadopsi untuk mendukung keberhasilan program-program serupa yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Melalui PNPM-MP kemandirian masyarakat dalam pembangunan desa juga meningkat, mengingat hasilnya sangat baik, masyarakat berharap program ini tetap dilanjutkan.

Namun, seiring berakhirnya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2010-2014 Pemerintah Pusat menghentikan program PNPM-MP ini, sehingga program ini tidak dilanjutkan lagi.

"Sejak tahun 2011 hingga 2014 misalnya, dana APBD Kabupaten Bengkalis yang dialokasikan untuk mendukung program ini mencapai Rp60,25 miliar, sedangkan dana dari APBN hanya sebesar Rp30,36 miliar, besar alokasi dana dari APBD Bengkalis ini, merupakan wujud keseriusan dalam mendukung program PNPM Mandiri ini," katanya.

Herlian mengatakan, saat pembahasan RAPBD 2015 lalu, Pemkab Bengkalis tetap mengusulkan anggaran untuk mendukung tetap mendukung program ini.

Namun karena dihentikan oleh Pemerintah Pusat, usulan anggaran dari Pemkab Bengkalis tersebut, tidak jadi dialokasikan pada APBD 2015.