Bupati Nilai P4S Tepat Bagi Petani

id bupati, nilai p4s, tepat bagi petani

 Bupati Nilai P4S Tepat Bagi Petani

Siak Hulu, (Antarariau.com) - Bupati Kampar H Jefry Noer menilai bahwa keberadaan Pusat pelatihan pertanian pedesaan swadaya masyarakat (P4S) Karya Nyata, Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, sangat tepat dalam mendidik petani agar makin produktif serta menciptakan wirausahawan baru.

Dalam sambutannya Jerfy Noer menjelaskan bahwa program pelatihan di P4S ini adalah program yang sangat tepat bagi para petani, baik itu petani perikanan, peternakan maupun pertanian sendiri.

"Karena dalam P4S mulai dari kedisiplinan dalam kehidupan sehari-haripun dilatih apalagi ilmu dalam bertani. Dimana di P4S ini, para peserta pelatihan diajarkan tentang teori sebanyak 25 persen dan praktek 75 persen," ujar Jefry yang juga Bupati Kampar, Sabtu (13/12).

Jefry menjelaskan bahwa bagi petani kampar yang mengikuti pelatihan di P4S ini tidak seperti pelatihan yang diikuti oleh petani dari Kota Pekanbaru yang hanya selama sepuluh hari mengikuti kegiatan tersebut.

"Peserta pelatihan P4S dari Kampar mengikuti pelatihan yaitu selama 15 hari dan pulang ke kampung akan diberikan pinjaman modal usaha dari dana bergulir, dimana para petani dibidang pertanian sebesar Rp 30 juta, perikanan Rp 60 juta dan peternakan sebesar Rp 100 juta," sebutnya.

Jefry berharap, para petani yang mengikuti pelatihan di P4S ini, hendaknya Pemerintah Kota Pekanbaru juga bisa memberikan bantuan modal usaha nantinya.

"Bantuan ilmu dan modal sangat perlu juga dari pemerintah, karena untuk memajukan masyarakat tentu peran pemerintah juga sangat diperlukan, nah kalau pelatihan atau ilmu sudah diberikan serta modal sudah disalurkan apabila masih ada masyarakat yang miskin maka masyarakat itu sendiri tulang rusuknya betul yang panjang atau orang yang pemalas," sentilnya.(Adv)