Polsek Kuala Cenaku ajak karang taruna jadi relawan awasi pilkada

id Rengat,Indragiri Hulu

Polsek Kuala Cenaku ajak karang taruna jadi relawan awasi pilkada

Polsek Kuala Cenaku berfoto bersama dengan pengurus Karang Taruna. (ANTARA/HO-Polres Inhu)

Rengat (ANTARA) - Polsek Kuala Cenaku, Polres Indragiri Hulu mengajak pengurus dan anggota Karang Taruna wilayah setempat untuk menjadi relawan dalam mengawasi Pilkada 2024.

Kapolsek Kuala Cenaku AKP Sunaryo menyampaikan hal itu pada saat pertemuan di sekretariat organisasi tersebut, Senin pagi.

"Tujuan pertemuan adalah memperkuat partisipasi masyarakat dalam Pilkada 2024," katanya.

Ia mengatakan, silaturahmi dan diskusi yang dilaksanakan itu langsung dihadiri Ketua Karang Taruna Kecamatan Kuala CenakuJarot Mustofa.

Pesan yang tersampaikan adalah menekankan pentingnya peran aktif masyarakat, khususnya kalangan muda, dalam proses pemilihan serta mendorong Karang Taruna untuk tidak hanya berfungsi sebagai pemilih, tetapi juga sebagai pengawas yang aktif di wilayahnya.

“Sebab, keberhasilan pilkada sangat bergantung pada partisipasi masyarakat," ujarnya.

Kepala Polsek Kuala Cenaku berharap karang taruna bisa terlibat langsung dalam menjaga ketertiban selama masa kampanye dan pemungutan suara sehingga pemilih dapat menggunakan hak suara dengan baik tanpa intimidasi yang berdampak kepada perselisihan.

Kepolisian juga menyoroti konflik dan penyebaran hoaks sering mengganggu stabilitas pilkada. Oleh karena itu, penting menjaga persatuan di tengah perbedaan pilihan politik.

"Kita harus bersatu untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi semua calon pemimpin yang bertarung,” tegasnya.