RGE selenggarakan e-workshop terkait mobile journalism

id Riyal Golden Eagle, Workshop Journalism, Mobile Journalism

RGE selenggarakan e-workshop terkait mobile journalism

Peserta Journalism E-Workshop oleh RGE dan Tempo Institute di Pekanbaru. Antara/Batu Agustari Adha

Pekanbaru (ANTARA) - RoyalGolden Eagle (RGE) Group yang membawahi PT RAPP, Asian Agri, dan Apical menggandeng Tempo Institute menyelenggarakan Journalism E-Workshop yang diikuti oleh sejumlah jurnalis dari berbagai provinsi, 8-11 Juli 2024.

Pelaksanaan workshop diselenggarakan secara hybrid yakni luring dari Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Selain itu diikuti secara daring dari Medan, Sumatera Utara, Balikpapan Kalimantan Timur, hingga Solo, Jawa Tengah.

Head of Coorporate Communication PT RAPP, Aji Wihardandi Wihardandi membuka kegiatan tersebut di Pekanbaru, Selasa. Dikatakannya bahwa ini merupakan seri ketiga dan telah dilaksanakan dua kesempatan sebelumnya.

"Dunia digital bergerak lebih cepat dari yang diduga. Semua bergerak lebih cepat sehingga butuh adaptasi bagaimana mengemas berita dan penyampaian lebih cepat. Yang bisa kita lakukan adalah memaksimalkan kesempatan yang ada dan menikmati proses belajar," katanya.

Materi workshop disampaikan oleh Praktisi Mobile Journalism, Riki Dhanu dan Produser TV Tempo, Alvin Noviar. Pada hari pertama tersebut dipaparkan tentang Mobile Journalism atau Mojo.

Riki Dhanu menerangkan prinsip dasar pengambilan dalam video. Salah satu di antaranya pengambilan gambar dengan tiga langkah yakni Wide, Medium, dan Detail. Selanjutnya juga diterangkan aspek pengambilan video atau shot lanjut ke scene, sequence, bridging dan transisi.

Pemateri juga alat-alat pendukung yang dibutuhkan dalam Mobile Journalism mulai dari yang generic hingga mumpuni. Selain sisi pengambilan gambar juga diterangkan terkait narasi, pengisi suara, musik,

Peserta di Pekanbaru selanjutnya pada Rabu (9/7) akan praktek dengan pengambilan gambar di Riau Kompleks, RAPP, Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan. Keesokan harinya video akan dilombakan dan yang terbaik akan mendapatkan apresiasi.