Meriahkan Bakar Tongkang, Pajak Dumai dan Bagansiapiai buka LDK

id Djp riau

Meriahkan Bakar Tongkang, Pajak Dumai dan Bagansiapiai buka LDK

Kepala KP2KP Bagansiapiapi Rusli Affandi saat berada di Bagansiapiapi. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Kantor Pelayanan Pajak Pratama (KPP Pratama) Dumai dan Kantor Penyuluhan, Pelayanan, dan Konsultasi Perpajakan(KP2KP) Bagansiapiapi menghadirkan Pojok Pajak yang berlokasi di Pusat Festival Bakar Tongkang Bagansiapiapi (Kamis- Sabtu, 20-22/6). Festival Bakar Tongkang merupakan festival besar dengan skala internasional yang dilaksanakan setiap tanggal 16 bulan kelima berdasarkan kalender tahunan Tiongkok setiap tahunnya.

Tongkang atau Kapal yang akan dibakar merupakan replika dari kapal yang digunakan oleh leluhur saat pertama kali mendarat di Kota Bagansiapiapi. Festival yang sudah masuk ke dalam agenda event nasional ini diselenggarakan sebagai wujud tradisi masyarakat Tionghoa Bagansiapiapi dalam menentukan arah rejeki mereka dalam setahun ke depan. Tongkang yang sudah disiapkan akan diarak menuju Klenteng Ing Hok King pada Jumat (21/6) sore.

Puncak dari Festival Bakar Tongkang ini dilaksanakan pada Sabtu(22/6) ditandai dengan diaraknya tongkang yang sudah diberkati menuju Areal Ritual Bakar Tongkang Bagansiapiapi. Sebelum kapal dibakar, para tokoh masyarakat akan dipersilahkan naik ke atas kapal dan menyapa warga sekitar.

Acara ini dihadiri oleh ribuan pengunjung baik dari turis domestik maupun internasional. Banyak artis manca negara yang diundang untuk ikut memeriahkan Festival tahunan ini. Pada kesempatan ini, KPP Pratama Dumai dan KP2KP Bagansiapiapi mendirikan Pojok Pajak selama festival berlangsung. Pojok Pajak ini melayani para wajib pajak yang ingin konsultasi perpajakan, pemutakhiran data, serta asistensi pelaporan SPT Tahunan bagi yang belum melaporkan SPTnya.

“Bagi wajib pajak yang bisa menunjukkan bukti lapor SPT tahunannya akan kami berikan hadiah dengan sistem rolet ini,” tutur Kepala KP2KP BagansiapiapiRusliAffandi.

Antusiasme yang tinggi ditunjukkan dengan ramainya wajib pajak yang hadir di Pojok Pajak. Banyak Wajib Pajak yang menunjukkan bukti lapor SPT Tahunannya agar bisa ditukarkan dengan hadiah menarik yang tersedia.

"Acara ini sangat bermanfaat dan asyik. Saya jadi bisa konsultasi sambal jalan jalan disini. Jadi, semangat buat lapor SPT Tahunan tiap tahun nih,” tutur Tiara, salah satu Wajib Pajak yang berhasil mendapatkan hadiah.