Siak apel siaga darurat karhutla

id Siaga darurat karhutla, kebakaran lahan hutan, karhutla di Siak

Siak apel siaga darurat karhutla

Bupati Siak, Alfedri dan Kapolres Siak, AKBP asep Sujarwadi ketika melakukan pengecekan kesiapan alat pemadam karhutla usai apel siaga darurat. (ANTARA/HO-Polres Siak)

Siak (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak bersama TNI dan Polri setempat melakukan Apel Gelar Pasukan Siaga Darurat Penanganan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menyusul terjadinya sejumlah kebakaran beberapa hari belakangan.

Bupati Siak, Alfedri di Lapangan Kantor Bupati Siak, Senin mengatakan bahwa tahun 2024 musim kemaraunya akan lebih kering dari 2023 menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika. Oleh karena itu upaya-upaya seperti patroli terpadu dan sosialisasi dalam mencegah terjadinya karhutla.

"Kita tidak boleh lengah. Kita harus terus meningkatkan upaya-upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla, yang di antaranya dilakukan melalui kolaborasi multipihak,” katanya.

Bupati juga menekankan pentingnya kesiapsiagaan dan kewaspadaan dalam menghadapi karhutla di Kabupaten Siak. Dalam hal ini segera melaporkan kepada pihak berwajib jika melihat atau mengetahui adanya potensi terjadinya karhutla.

Sementara itu, Kepala Kepolisian Resor Siak AKBP Asep Sujarwadi mengingatkan bahwa situasi karhutla kali ini cukup unik karena dimulai saat bulan suci Ramadhan. Untuk itu seluruh lapisan masyarakat untuk selalu siaga.

“Dalam situasi tersebut kami minta kepada seluruh jajaran TNI-Polri, teman-teman dari sukarelawan pemerintah daerah serta peringkat dari kecamatan dan kelurahan untuk melaksanakan siaga 1. Agar posko karhutla diaktifkan kembali dan lakukan koordinasi dengan baik secara berjenjang mulai tingkat kampung ada Bhabinkamtibmas tingkat kecamatan ada Kepala Kepolisian Sektor," ujarnya.

Kapolres menyampaikan bahwa saat ini sudah ada 8 titik dan 1 titik api di Kabupaten Siak selama Maret 2024. Namun dengan kerjasamasemua pihak daerah kebakaran dapat cepat teratasi.

“Alhamdulillah kerja sama semua TNI Polri teman-teman dari sukarelawan dan pemerintah daerah di tingkat kecamatan semua bekerja sama dengan baik, apapun ceritanya kabupaten Siak harus aman dan negara aman,” tuturnya