Penumpang Bandara SSK II Pekanbaru 25.924 orang

id Bandara SKK II Pekanbaru,Pekanbaru, Riau ,Bandara Sultan Syarif Kasim

Penumpang Bandara SSK II Pekanbaru  25.924 orang

Aktivitas penumpang di Bandara Hang Nadim saat check in dari Batam untuk menuju Bandara SSK Pekanbaru. ANTARA/Frislidia.

Pekanbaru (ANTARA) - Jumlah penumpang di Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK II) Pekanbaru, Provinsi Riau selama empat hari libur Hari Raya Nyepi dan menyambut Ramadhan pada 9-12 Maret 2024 mencapai 25.924 orang.

"Masyarakat memanfaatkan libur empat hari untuk pulang pergi dari Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, dari 25.924 penumpang itu tertinggi penumpang pada Sabtu mencapai 8.402 orang (per hari) dan hari Selasa mencapai 6.028 orang (perhari)," kata Executive General Manager (EGM) Bandara SSK II Pekanbaru Radityo Ari Purwoko di Pekanbaru, dalam rilisnya diterima Rabu.

Menurut Radityo, arus penerbangan yang dioperasionalkan maskapai di Bandara SSK II Pekanbaru pada Sabtu (10/3) adalah sebanyak 72 pesawat dengan jumlah penumpang mencapai 8.402 orang.

Ia menyebutkan, pada Minggu (11/3) tercatat sebanyak 62 pesawat beroperasi membawa penumpang sebanyak 6.979 orang, dan pada Senin (12/3) sebanyak 50 pesawat yang membawa penumpang 4.875 orang, dan Selasa (13/3) sebanyak 60 pesawat dengan jumlah penumpang sebanyak 6.028 orang.

"Bila dibandingkan dengan hari normal jumlah pesawat yang beroperasi juga mengalami peningkatan tercatat pergerakan pesawat selama empat hari libur mencapai 244 kali penerbangan, tertinggi pada Sabtu (10/3) adalah 72 penerbangan," kata Radityo.

Manajemen Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru sebelumnya sudah berupaya melakukan berbagai persiapan dalam menghadapi lonjakan penumpang yang mungkin terjadi seperti Rabu ini.

Persiapan tersebut meliputi pengecekan fasilitas runway, taxiway, apron, terminal dan area parkir berfungsi dan beroperasi dengan baik. Melakukan penebalan keamanan bandara khusus di area terminal. Selain itu juga berkoordinasi dan berkolaborasi dengan seluruh pemangku kegiatan terkait.

Manajemen Bandara SSK II Pekanbaru juga sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi Angkutan Lebaran Tahun 2024 dengan antara lain mendirikan Posko Angkutan Lebaran yang akan dimulai pada H-10 sampai dengan H+10 Iudl Fitri. T.F011