Desainer mode Tanah Air Liliana Lim tampilkan koleksi siap pakai "Resurgence"

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, mode

Desainer mode Tanah Air Liliana Lim tampilkan koleksi siap pakai "Resurgence"

Koleksi "Resurgence" Liliana Lim dipamerkan di The Langham, Jakarta, Kamis (2/11). (ANTARA/Pamela Sakina.)

Jakarta (ANTARA) - Desainer mode Tanah Air Liliana Lim menampilkan koleksi terbarunya "Resurgence" yang merupakan busana "ready-to-wear" (siap pakai), di The Langham, Jakarta, Kamis (2/11).

Resurgence, yang berarti kebangkitan itu, merupakan koleksi yang menandakan kembalinya Liliana setelah 15 tahun vakum mengadakan peragaan busana tunggal karena fokus mengurus buah hati.

“‘Resurgence’ itu artinya seperti mencuat kembali, mengingat aku sudah cukup lama tidak menggelar pertunjukan tunggal, sekarang aku ingin kembali membawakan sentuhan baru,” kata dia.

Menampilkan total 39 set rancangan, koleksi itu bernuansa dominan hitam, dengan sentuhan warna perak dan abu.

“Resurgence” bertumpu pada gaya kreatif desain Liliana sejak awal ia berkarir, yaitu garis desain yang sederhana namun elegan, dan feminin.

Umumnya, Liliana memanfaatkan bahan-bahan yang halus seperti sifon, satin dan sutra dalam mendesain pakaian, namun kali ini, ia menantang dirinya dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih tebal seperti tweed, shantung taffeta, jacquard, fancy wool, dan crepe simmer, untuk ditaklukkan menjadi gaun-gaun yang tetap lembut dan elegan khas Liliana Lim.

Bahan-bahan solid tersebut dirancang agar menjadi gaun feminin menggunakan teknik moulage dan twist. Moulage adalah teknik manual dalam membuat gaun tanpa pola, dengan cara menempelkan langsung bahan ke patung, lalu alur bahan dibentuk secara draping dengan bantuan jarum dan gunting, sehingga desain gaun sesuai dengan yang diinginkan.

“Masih ciri khas aku seperti dulu, namun aku perbarui dengan look yang baru dengan menggunakan bahan-bahan yang lebih ‘keras’ namun tetap jatuh dan terlihat lembut,” Liliana menjelaskan.

Koleksi "Resurgence" Liliana Lim dipamerkan di The Langham, Jakarta, Kamis (2/11). (ANTARA/Pamela Sakina)

Adapun rancangan itu terdiri dari sejumlah gaun panjang asimetri, gaun dengan aksi twist yang kreatif membentuk putaran kelopak mawar di sisi dada kiri, hingga sepotong cropped top yang dibuat dari rajutan mutiara, dikenakan dengan long tube dress. Pertunjukan diakhiri dengan satu gaun pesta (ball gown) yang megah lengkap dengan wedding veil.

“Koleksi ini aku mencoba buat ready-to-wear, namun ada juga gaun cocktail, evening wear, sampai ke ball gown di akhirnya,” kata Liliana.

Baca juga: Kupas tuntas fesyen dari serial "Inventing Anna" untuk inspirasi bisnis mode

Baca juga: Rumah mode Coach angkat tema "Somewhere in America" di koleksi Fall 2022