Aksi nyata Apical Group peduli minat baca raih penghargaan

id Apical dumai

Aksi nyata Apical Group peduli minat baca raih penghargaan

Sejumlah murid SD di Kota Dumai sedang membaca buku. (ANTARA/dok)

Dumai (ANTARA) - Perhatian Apical Group terhadap kemajuan pendidikan dan meningkatkan minat baca pelajar sejak dini melalui dukungan hibah buku bahan bacaan ke sejumlah sekolah dasar mendapat apresiasi dari Pemerintah Kota Dumai.

Kepedulian yang ditunjukkan Apical untuk dunia pendidikan ini mendapat nilai plus dari Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, sebab menjadi bukti kehadiran investasi berdampak banyak bagi daerah dan masyarakat sekitar dalam memajukan kualitas sumber daya generasi muda pelajar.

Apical, yang mengontrol spektrum yang luas dalam rantai bisnis produksi kelapa sawit, memberikan hibah ke Perpustakaan Nahar Effendi dengan harapan bisa meningkatkan literasi dan budaya baca masyarakat.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Persip) Kota Dumai R Dona Fitri Illahi mengapresiasi langkah dilakukan Apical Group melalui program sosial kemasyarakatan atau CSR dengan aksi nyata pemberian hibah buku bacaan untuk mendukung peningkatan literasi masyarakat.

"Terimakasih Apical Group yang telah menyerahkan bantuan hibah buku bacaan kepada kami, dan selanjutnya buku ini nantinya akan kami distribusikan ke Perpustakaan Nahar Effendi dan layanan perpustakaan keliling," kata Donna belum lama ini.

Berkat kepedulian itu juga, Apical Group mendapat penghargaan dari Dispersip Kota Dumai dan simbolis penyerahan dilakukan pada Selasa, 10 Oktober 2023 dari Kepala Dispersip R Dona Fitri Illahi kepada Perwakilan Humas Apical Dumai Zulfahmi.

Dijelaskan, hibah buku dari Apical merupakan bagian dari Gerakan Gemar Membaca Masyarakat Dumai (GEMURAI) yang telah dicanangkan Walikota Dumai H Paisal sejak Juli 2023. Dispersip Dumai sejauh ini telah bermitra dengan sejumlah perusahaan dan perhotelan untuk mendukung gerakan tersebut.

Dona berharap akan lebih banyak lagi perusahaan di Kota Dumai yang memberikan bantuan untuk peningkatan literasi masyarakat.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Kota Dumai Indra Gunawan pernah menyebut bahwa perhatian Apical Group, perusahaan ekspor CPO terkemuka, terhadap dunia pendidikan diharap dapat menjadi contoh bagi investor lain dalam mendorong peningkatan minat baca melalui pemenuhan buku sebagai bahan bacaan bagi pelajar, baik di sekolah maupun di pojok baca.

Apical Group juga telah menyatakan kesediaan untuk merelokasi SDN 01 yang berlokasi di sekitar operasional PT Sari Dumai Sejati di Kelurahan Lubuk Gaung ke lokasi yang lebih nyaman dan asri.

"Kepedulian Apical Group Dumai terhadap pendidikan dan infrastruktur umum tidak kita ragukan lagi, karena selain upaya meningkatkan minat baca, mereka juga memperhatikan anak-anak tempatan yang kurang mampu dan berprestasi untuk dapat bersekolah dengan layak. Ditambah lagi, rencana merelokasi gedung SD untuk kenyamanan dan keselamatan pelajar," ujar Sekda Dumai Indra Gunawan.

Pada Senin 9 Oktober 2023, Apical menyerahkan bantuan buku fiksi dan non fiksi kepada Perpustakaan Cerdas Ceria SD Negeri 007 di Kelurahan Tanjung Penyembal, Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai.

Bantuan buku tersebut diapresiasi oleh Kepala Sekolah SDN 007 Tanjung Penyembal, Kopipah Spd karena membantu Perpustakaan Cerdas Ceria yang tengah melakukan pengumpulan buku sebanyak 3.500 judul guna mengikuti akreditasi perpustakaan tahun depan.

"Semoga buku-buku bantuan Apical ini bermanfaat untuk siswa dan menambah koleksi perpustakaan kami. Selain itu diharap juga dapat mewujudkan visi Perpustakaan Cerdas Ceria, yaitu membudayakan gemar membaca untuk para murid dan membentuk insan berilmu dan berakhlak mulia," kata Kopipah.

Sementara, Perwakilan Humas Apical Group Dumai Zulfahmi menyatakan harapan dengan dukungan nyata gerakan gemar membaca ini dapat menciptakan dampak sosial, lingkungan, dan bisnis yang positif bagi masyarakat dan perusahaan.

Seperti dicanangkan dalam program Apical 2030, perusahaan menargetkan untuk mempercepat komitmen keberlanjutan, yang berfokus pada filosofi bisnis, yang salah satunya adalah melakukan apa yang baik bagi masyarakat.

Apical berkomitmen menjalankan filosofi bisnis dari Group bisnisnya, yaitu 5C (good for community, good for country, good for climate, good for customer, and good for company).